FOLLOW US:


Peringatan Haornas, Stadion Kie Raha Jadi Saksi Penghargaan Kemenpora

24-09-2018 16:52
Peringatan Haornas, Stadion Kie Raha Jadi Saksi Penghargaan Kemenpora
© merdeka

Bola.net - Indonesia bagian timur tak pernah berhenti melahirkan bakat-bakat luar biasa bagi sepak bola tanah air. Dari Ternate misalnya, siapa yang dapat menampikkan bakat luar biasa winger Timnas senior bernama Ilham Udin Armaiyn? Yup, Bumi Kie Raha juga jadi salah satu daerah penyumbang pesepakbola berkualitas bagi Timnas.

Lalu Ternate juga memiliki sebuah stadion multifungsi bernama Gelora Kie Raha yang kemarin baru saja dipergunakan sebagai venue penyelenggaraan acara puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018. Makin spesial karena pada momen tersebut Kemenpora memberikan penghargaan sekaligus pada pihak-pihak yang punya peranan luar biasa demi kemajuan olahraga di tanah air. Misalnya saja, pelaku, pembina, dan penggerak olahraga.

Nama-nama dari kategori pelaku olahraga di antaranya: Komang Budagama, Fransiska Dimitri, Mathilda Dwi Lestari, Ryan Febriansyah, Galang Hendra Pratama, Rosida, S.Pd, Fachry Husaini, Nurul Fattilah Kamalia Syah, Ibnu Katsir, William dan Meylani Mamangkey. Kemudian dari kategori Pembina dan Penggerak Olahraga: Hasan Basri, Burhan Abdurahman, Irjen Royke Lumowa, Sahbirin Noor, Oesman Sapta Odang, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Sri Puguh Budi Utami, Dodi Reza Alex Noerdin, Dadang M. Naser dan Anggia Ermarini.

"Di Haornas ini kita bersama-sama tinggikan spirit olahraga dalam menyatukan keberbedaan salah satunya dengan menggelorakan semangat berolahraga dari keluarga, sekolah, masyarakat dan dari desa-desa karena disana akan kita temukan talenda muda atlet berpotensi kelas dunia yang akan mengharumkan Indonesia. Selamat kepada pahlawan olahraga para tokoh masyarakat, guru, wasit, pelatih, Panglima TNI, Kapolri, Kapolda Maluku yang telah menerima penghargaan," ungkap Menpora saat diwawancarai awak media.

Makin spesial karena puncak peringatan Haornas ini ternyata merupakan pertama kalinya diselenggarakan di Ternate. Ini menandakan jika Haornas adalah milik rakyat Indonesia dan olahraga pun dapat menghadirkan beragam manfaat positif seperti semakin sehat, bugar, kuat, soliditas dan meningkatkan solidaritas sesama anak bangsa.

Tema Haornas ke-35 tahun ini adalah Ayo Olahraga Bangun Indonesia. Mengenai pemilihan tema tersebut, Ketua Panitia Penyelenggara Haornas yang juga Deputi Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta mengatakan jika maknanya adalah untuk mengajak semua lapisan masyarakat agar giat berolahraga. Menurut beliau hal tersebut amat penting agar produktivitas dapat terus terjaga.

"Selain olahraga kita akan membangun tiga pilar besar yakni bangun olahraga prestasi, bangun olahraga budaya dan bangun karakter bangsa," ujar Isnanta. Di Ternate sendiri, ada beberapa kegiatan yang dihelat dalam rangka memperingati Haornas. Di antaranya adalah Gebyar Haornas, Pameran-pameran, Festival Olahraga Lansia, Gerakan Ayo Olahraga Sepeda Nusantara, Gala Desa 136 kabupaten/kota dan pemecahan rekor dunia Poco-Poco. Nah, Isnanta mengatakan jika semua aktivitas tersebut ditujukan untuk meningkatkan kebugaran masyarakat Indonesia dari level 18 persen ke 30 persen.

Burhan Abdurahman selaku walikota Ternate dalam sambutannya mewakili Pemerintah Kota Ternate untuk memberikan apresiasi tertinggi pada Kemenpora berkat penetapan Ternate sebagai tuan rumah penyelenggaraan Haornas ke-35 tahun 2018. Beliau menambahkan jika ada dua momen paling berkesan bagi masyarakat Ternate. Bukan hanya menjadi ruan rumah Haornas, Bumi Kie Raha pun terpilih sebagai daerah pertama penyalaan obor Asian Para Games 2018!

"Masyarakat Ternate berkomitmen untuk menyalakan semangat peduli disabilitas di Ternate khususnya, kemajuan olahraga di daerah ini menjadi komitmen pemerintah Ternate, keberhasilan ini akan terwujud jika kita bersinergi terlebih dengan adanya dorongan dari Kemenpora memajukan masyarakat dan olahraga prestasi di masa mendatang," pungkasnya.