FOLLOW US:


Presiden Filipina Rodrigo Duterte Resmi Membuka SEA Games 2019

30-11-2019 20:18

 | Asad Arifin

Presiden Filipina Rodrigo Duterte Resmi Membuka SEA Games 2019
Busana adat dari berbagai daerah di Indonesia tampil saat kontingen Indonesia melintas pada upacara pembukaan SEA Games 2019. © (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Bola.net - Opening ceremony SEA Games 2019 digelar dengan meriah. Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, resmi membuka SEA Games 2019 pada upacara yang digelar di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019).

Philippine Arena, tempat berlangsungnya opening ceremony SEA Games 2019 sesak oleh puluhan ribu pasang mata. Mereka menjadi saksi dibukanya SEA Games ke-30 di Filipina.

Desain set tata panggung cukup sederhana, namun tak mengurangi antusiasme dan riuh acara pembukaan SEA Games 2019. Big screen di latar panggung membuatnya terlihat elegan.

Dentuman drum dan tarian khas Filipina membahana di Phillipine Arena. Folk dance dan tari Tinikling meramaikan panggung opening ceremony SEA Games 2019 di Phillipine Arena.

Tari Tiniklingini berasal dari Leyte. Tarian ini juga umum ditemukan di Indonesia bagian timur. Tarian ini juga sebagai tiruan dari burung tikling yang menghindari perangkap bambu yang ditetapkan oleh petani padi.

Philippine Arena mendadak ramai tatkala kontingen Flipina memasuki panggung pembukaan SEA Games 2019. Lautan lampu dari smartphone para penonton menyambut kedatangan para atlet tuan rumah.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte juga sampai berdiri memberikan tepuk tangan. Meski urung menyunggingkan senyuman, terlihat orang nomor satu di Filipina itu menikmati opening ceremony di sebelah Sultan Hasanah Bolkiah dari Brunei Darussalam.

Duterte lalu mendapat giliran untuk memberikan sambutan dan secara ceremonial membuka SEA Games 2019. Pembukaan ditandai dengan pengibaran bendera federasi SEA Games.

Pengibaran bendera Federasi SEA Games yang dibawa oleh atlet legendaris Filipina, satu di antaranya adalah Eric Buhain, peraih 15 medali emas cabang olahraga renang.

1 dari 1

SEA Games 2019 Diharapkan Mampu Menberikan Dampak pada Ekonomi dan Sosial di ASEAN

Sebelum dibuka oleh Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, sambutan lebih dulu datang dari Alan Peter S. Cayetano, chairperson PHISGOC. Ia berharap SEA Games 2019 bisa memperbaiki dunia yang rusak akibat permasalahan seperti kriminial, kelaparan, dan kemiskinan.

"Hari ini kita berkumpul sebagai keluarga, sebagai kakak adik, anak-anak dari Tuhan, untuk membuat dunia menjadi lebih baik lewat olahraga. Kita semua siap untuk berkorban. Kita berdoa sebagai satu kesatuan, bekerja sebagai satu kesatuan, dan menang sebagai satu kesatuan," ujar Alan peter.

Sementara itu, Abraham N. Tolentino, Presiden Komite Olimpiade Filipina dalam sambutannya pada opening ceremony SEA Games 2019, merasa bangga karena setelah penantian 14 tahun menunggu kesempatan menjadi tuan rumah SEA Games, akhirnya Filipina kembali dipercaya. Lewat SEA Games, ia berharap semua negara ASEAN bisa bersatu.

"Saya mengajak semua orang di sini, semua atlet, dan seluruh warga ASEAN untuk bersatu dalam semangat olahraga menciptakan dunia yang lebih baik," kata Tolentino.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Gregah Nurikhsani/Editor Wiwig Prayugi

Published: 30 November 2019