FOLLOW US:


Dota 2 dan Empat Gim Lainnya Resmi Susul Mobile Legends di SEA Games 2019

21-12-2018 15:00
Dota 2 dan Empat Gim Lainnya Resmi Susul Mobile Legends di SEA Games 2019
Logo Sea Games 2019 Filipina. © Wikipedia

Bola.net - Philippine SEA Games Organizing Committee (PHISGOC) baru saja mengonfirmasi lima gim awal yang akan dipertandingkan pada cabor e-Sports di SEA Games 2019 Filipina mendatang. Gim-gim tersebut adalah Dota 2, Starcraft II, Tekken 7, Arena of Valor, dan Mobile Legends.

Menggandeng Razer, PHISGOC ingin menghadirkan kompetisi e-Sports yang adil dalam tiga platform gim: PC, konsol, dan mobile gaming. SEA Games 2019 akan jadi tonggak sejarah sebagai ajang pertama di bawah naungan Olimpiade yang mempertandingkan e-Sports sebagai cabor bermedali.

Sebelumnya, e-Sports memang sudah dipertandingkan pada Asian Games 2018 Indonesia lalu. Namun saat itu e-Sports hanya dihelat sebagai cabor ekshibisi yang tak berpengaruh pada perolehan medali.

Kini, SEA Games mengambil langkah berani untuk meningkatkan kelas e-Sports. Sesuai rencana awal, gim-gim yang dimainkan harus memenuhi nilai-nilai keolahragaan yang selalu jati diri olimpiade.

Setelah mengumumkan Mobile Legends sebagai gim pertama yang dipertandingkan beberapa pekan lalu, PHISGOC juga menjelaskan akan ada dua gim PC, dua gim konsol, dan dua gim mobile yang akan dimainkan. Dota 2 dan Starcraft II akan melengkapi nomor PC, Mobile Legends dan Arena of Valor di nomor mobile gim. Soal gim konsol, baru Tekken 7 yang diumumkan, dengan satu gim lainnya diprediksi akan diumumkan pekan depan.

e-Sports di SEA Games 2019 akan memperebutkan enam medali emas. Tentu hal ini adalah gebrakan besar bagi perkembangan e-Sports di dunia.

"Kami senang melihat momentum yang telah dicapai oleh kemitraan kami dengan Razer dalam waktu singkat," ungkap Executive Director PHISGOC, Ramon Suzara, dikutip dari foxsportsasia.com

"Penentuan enam gim dalam waktu yang begitu singkat adalah bukti bahwa penetapan e-Sports sebagai ajang olahraga yang sah bukan sekadar main-main. Kami berharap untuk menantikan lebih banyak mitra yang bergabung dan berjalan bersama kami untuk menentukan generasi baru pahlawan olahraga bagi kamu muda dan milenial," tambah CEO Razer, Min-Liang Tan.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa pemilihan atlet e-Sports untuk setiap negara yang berpartisipasi akan dipilih melalui turnamen kualifikasi dan bahwa tak akan ada undangan secara langsung pada atlet e-Sports yang sudah lebih dahulu tersohor.

SEA Games 2019 akan dipertandingkan di Filipina mulai 30 November sampai 11 Desember 2019 mendatang.