FOLLOW US:


Sempat Ingin Mundur dari Pelatihan, Claudio Nenobesi Justru Sabet Emas Karate PON Papua 2021

12-10-2021 12:10

 | Anindhya Danartikanya

Sempat Ingin Mundur dari Pelatihan, Claudio Nenobesi Justru Sabet Emas Karate PON Papua 2021
Karateka asal Papua, Claudio F. Nenobesi © PONXX2021Papua.com/Syahru Romadhon

Bola.net - Claudio F. Nenobesi senang bukan kepalang usai sukses membawa pulang medali emas nomor kumite under 84 kg cabang olahraga karate PON XX Papua 2021 di GOR Politeknik Penerbangan, Kayu Batu, Jayapura, Senin (11/10/21). Ia pun merasa emosional usai mencatatkan sejarah baru bagi kariernya sebagai seorang karateka.

Claudio berhasil menyabet medali emas di usianya yang baru menginjak 19 tahun usai menang atas karateka Sulawesi Selatan, Febi Ramadhan Saputra. Ia unggul poin secara dramatis pada menit-menit akhir pertarungan, sebelum akhirnya keluar sebagai pemenang dengan nilai 2-1.

Usai laga, Claudio melakukan selebrasi dan tak kuasa menahan tangis. Begitu juga dengan sang pelatih, Sensei Zakarias Sogorom, yang melompat kegirangan saat juri menyatakan Claudio menang. Medali emas itu menjadi yang pertama bagi Claudio, karena ia baru tampil perdana di PON.

1 dari 2

Sempat Lelah Akibat Latihan Intensif

Sempat Lelah Akibat Latihan Intensif
PON Papua 2021 © Ist

Menurut situs resmi PON XX Papua 2021, di balik kesuksesannya itu, Claudio ternyata sempat lelah berlatih dan ingin mundur ketika menjalani masa pemusatan latihan (TC) menjelang ajang kali ini. Namun, ia tetap membulatkan tekad untuk tetap bersabar dan berani menghadapi tantangan.

"Terima kasih kepada Tuhan Yesus yang telah memberikan saya kekuatan sampai hari ini. Karena waktu menjalani TC itu saya sebenarnya sudah menyerah karena intensitas latihan yang melelahkan, tapi karena berkat orang tua juga saya dididik keras dan saya masih tetap berjuang di PON XX ini dan berhasil meraih medali emas," tutur Claudio.

Karateka yang ramah ini menyampaikan kepada para generasi muda Papua untuk mengikuti perjuangannya di dunia olahraga. "Saya berharap generasi muda Papua bisa berprestasi untuk Tanah Papua dan tidak terjerumus ke pergaulan bebas," katanya.

2 dari 2

Bikin Pelatih Bangga

Pelatih karate Papua, Sensei Zakarias Sogorom, juga mengaku bangga karatekanya bisa mendapatkan medali emas pada hari pertama pertandingan. Ia berharap di nomor-nomor berikutnya mereka masih bisa menyumbangkan medali emas lagi.

"Target kita dua medali emas lagi dari kumite dan kita berharap ada Claudio baru lagi yang muncul di nomor berikutnya," kata Sogorom.

Sumber: PON XX 2021 Papua