FOLLOW US:

Aturan Bosman, Aturan Yang Mengubah Transfer Sepakbola

Sabtu, 28-01-2017 14:43
Aturan Bosman, Aturan Yang Mengubah Transfer Sepakbola
Ilustrasi Kesepakatan © Ist
Bola.net - Dunia sepakbola tidak terlepaskan dari masalah transfer pemain. Aktifitas transfer pemain membuat klub untuk bisa terus berbenah diri dari musim ke musim.

Di era modern ini, seorang pesepakbola yang telah habis masa kontraknya bisa meninggalkan klub sebagai seorang free agent. Ini berarti klub lain yang ingin mendatangkan sang pemain tidak perlu membayar sepeserpun kepada klub lamanya. Namun tahukah Bolaneters bahwa sebelum tahun 1995 hal itu tidak bisa terjadi?

Ya sebelum tahun 1995, klub harus tetap membayar sejumlah uang untuk mendatangkan pemain yang kontraknya sudah habis di sebuah klub. Namun berkat perjuangan seorang pemain asal Belgia, Jean-Marc Bosman aturan itu berhasil dipatahkan sehingga pemain yang sudah habis masa kontraknya bisa berpindah klub dengan bebas.

Jika Bolaneters ingin mengetahui lebih banyak mengenai perjuangan Bosman untuk memperjuangkan hak sebagai seorang free agent, silahkan Bolaneters saksikan video di bawah ini.



Bagaimana pendapat kalian seputar aturan Bosman ini Bolaneters? Apakah aturan ini berguna atau cenderung merugikan baik untuk pihak klub maupun pemain? Sampaikan pendapat kalian di kolom komentar.(bola/dub)