FOLLOW US:

Bola.net Unseen : Mengikuti Workshop Jurnalisme Keberagaman

Selasa, 22-01-2019 20:57
Bola.net Unseen : Mengikuti Workshop Jurnalisme Keberagaman
Suasana Workshop Jurnalisme Keberagaman © Mustopa El Abdy

Pada akhir pekan kemarin, salah satu reporter Bola.net, Mustopa El Abdy berkesempatan mengikuti workshop Jurnalisme Keberagaman yang digelar oleh Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya.

Lokakarya ini digelar untuk membekali jurnalis dalam meliput isu keberagaman di tahun politik. Dalam workshop kali ini, Bang Top (panggilan akrab Mustopa) menjadi satu-satunya jurnalis dari bidang olahraga yang ikut serta dalam kegiatan ini.

Bang Top sendiri memang memiliki ketertarikan khusus pada Lokakarya ini. Reporter kece yang ngakunya masih single ini menilai isu keberagaman sangat dekat dengan dunia olahraga terutama sepakbola.

Salah satu contoh nyata hubungan antara keberagaman dan sepakbola bisa kita lihat pada isu rasisme yang masih kerap ditemui dalam pertandingan sepak bola di Indonesia. Terlebih, ketika mempertemukan tim - tim yang punya sejarah rivalitas yang panjang, di mana sudah begitu banyak korban berjatuhan karena isu ini.

Tidak melulu bicara soal keberagaman dalam unsur politik, dalam workshop ini juga dibahas topik tentang media dan gender. Tema ini sekali lagi cukup menarik dan punya titik temu dengan sepakbola karena seperti kita ketahui, sepak bola selalu diidentikkan dengan kaum pria.

Salah satu contohnya adalah maskulinitas dalam penamaan kelompok suporter di Indonesia. Walaupun dewasa ini banyak komunitas suporter khusus untuk kaum perempuan, namun tetap saja stigma sepakbola sebagai olahraga kaum Adam masih sulit dihapuskan.

Workshop berlangsung selama dua hari sejak tanggal 19 sampai 20 Januari 2019 di Santika Hotel, Surabaya. Diikuti sejumlah perwakilan jurnalis beberapa media se-Jawa Timur. Lokakarya ini dikemas dengan format diskusi yang menghadirkan beberapa narasumber kompeten di bidangnya.