FOLLOW US:

Cara Cerdas Tertibkan Penonton Bandel di SUGBK

Selasa, 16-01-2018 01:30
Cara Cerdas Tertibkan Penonton Bandel di SUGBK
Stadion Utama Gelora Bung Karno © PSSI

Bola.net - Pengelola Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) berusaha menertibkan penonton yang bersikap tidak disiplin menjaga keutuhan fasilitas SUGBK dengan cara menampilkan mereka di layar video raksasa di dalam stadion.

SUGBK baru saja selesai direnovasi. Hal tersebut dilakukan demi menyambut digelarnya Asian Games 2018.

Banyak perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah agar SUGBK menjadi jauh lebih modern, cantik dan bertaraf internasional. Di antaranya pemberian single seat flip up yang menggantikan kursi panjang, lalu penyediaan area khusus penyandang difabel, pemasangan kaca anti peluru, pemasangan CCTV, penambahan kekuatan lampu, pemasangan outdoor lighting dan tentunya mengganti rumput stadion dengan rumput kelas satu standar FIFA.

Begitu selesai direnovasi, stadion diresmikan pada hari Minggu kemarin. Saat itu SUGBK juga sekaligus digunakan untuk menggelar pertandingan uji coba antara timnas Indonesia melawan Islandia.

Berhubung baru direnovasi, maka wajar apabila pengelola SUGBK tak ingin ada penonton yang tidak disiplin menjaga keutuhan fasilitas stadion meski sebelumya sudah diingatkan oleh PSSI. Maka begitu ada penonton yang membandel, pengelola sudah menyiapkan sanksi sosial yang bisa dibilang cerdas.

Saat pertandingan pihak pengelola memonitor para penonton di penjuru stadion dengan CCTV. Hasilnya pun jitu karena ada sejumlah penonton yang kedapatan tak menghiraukan himbauan PSSI. Dalam kasus ini, para penonton itu kedapatan menggunakan kursi dengan cara yang tidak benar.

Ada yang berdiri di kursi, ada yang menempatkan kakinya di sandaran kursi dan bahkan duduk di sandaran kursi tersebut. Mereka ini akhirnya disorot kamera dan ditampilkan di layar raksasa.

Alhasil aksi mereka ini mendapat perhatian seisi stadion dan mendapatkan cemoohan dari penonton lainnya. Meski butuh waktu tak sebentar, penonton yang disorot akhirnya sadar telah melakukan kesalahan dan membenahi posisi duduknya.

Contohnya bisa dilihat dalam unggahan video milik akun @qronoz atas nama Daniel Giovanni.

"Langkah brilian oleh manajemen GBK untuk menghentikan penonton menaikkan kakinya di kursi: cari mereka melalui CCTV resolusi tinggi, tampilkan mereka secara langsung melalui layar raksasa, dicemooh oleh penonton lainnya sampai mereka menurunkan kakinya, kemudian diberi tepuk tangan oleh seisi stadion."

Jadi, jangan pernah coba-coba naikkan kaki ke kursi atau bersikap bandel di SUGBK ya Bolaneters!