FOLLOW US:

Film Dokumenter Perjalanan Karier Johan Cruyff

Kamis, 24-03-2016 23:10
Film Dokumenter Perjalanan Karier Johan Cruyff
Johan Cruyff © AFP
Bola.net - Johan Cruyff meninggal dunia pada usia 68 tahun di Barcelona, Kamis (24/3). Kepergian Cruyff adalah kehilangan bagi semua pencinta sepakbola.


Pemain asal Belanda tersebut mengawali kariernya di Ajax. Setelah sukses mengantar timnya tersebut sukses di liga Belanda dan Eropa, Cruyff pindah ke Barcelona pada tahun 1973.


Cruyff juga menjadi bagian Timnas Belanda ketika mengantarkan ke final di Piala Dunia tahun 1974 namun hanya keluar sebagai juara kedua. Sebelum mengakhiri kariernya di Feyenoord, Cruyff tiga kali memenangkan Ballon d'Or.


Setelah gantung sepatu, ia menjadi pelatih Ajax mulai tahun 1985 dan mengantarkan klubnya tersebut dua kali beruntun menjuarai Piala Belanda pada tahun 1986 dan 1987.


Cruyff memiliki peran besar dalam melakukan revolusi di Barcelona. Di tangannya, Barca empat kali menjuarai La Liga dan setumpuk trofi lainnya termasuk Copa del Rey dan Supercopa de Espana.


Berikut ini adalah sebuah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karier sosok Johan Cruyff berjudul 'Football's Greatest - Johan Cruyff'.



(you/shd)