FOLLOW US:

Flashback: Gol Bersejarah Tito Vilanova ke Gawang Barcelona

Senin, 28-04-2014 16:28
Flashback: Gol Bersejarah Tito Vilanova ke Gawang Barcelona
Tito Vilanova (kiri) sesaat setelah membobol gawang Barca di tahun 1998
Bola.net - Meninggalnya eks pelatih Tito Vilanova Jumat pekan lalu membuat seluruh elemen Barcelona berduka. Pria berusia 45 tahun tersebut menghembuskan nafas terakhir setelah beberapa musim terakhir berjuang melawan penyakit kanker yang menggerogoti kesehatannya.


Untuk mengenang pelatih kharismatik yang pendiam tersebut, sebuah video bersejarah tentang sepak terjang pria kelahiran Barcelona tersebut beredar di internet. Dalam rekaman tersebut, Vilanova yang masih bermain untuk Lleida mencetak gol cantik ke gawang Barca dalam laga Copa Catalunya 1998.




Laga ini memiliki makna spesial karena juga menjadi ajang debut dari gelandang senior Blaugrana yang masih aktif bermain hingga kini, Xavi Hernandez. Kapten klub saat ini, Carles Puyol juga turut bermain dalam laga yang berkesudahan 2-1 untuk kemenangan Barca tersebut. Kedua pemain ini sempat bahu membahu bersama Vilanova di Barca, baik saat masih menjadi asisten Josep Guardiola maupun ketika ia sudah naik menjadi pelatih kepala.


Menurut situs asal Catalan, Ara, gol Vilanova ini juga tercatat sebagai gol pertama yang terjadi ke gawang tim asuhan Jose Mourinho. Mou kala itu memang menjabat asisten pelatih Barca, namun khusus untuk Copa Catalunya ia bertukar posisi dengan pelatih Louis Van Gaal. Seperti yang kita ketahui bersama, kelak saat menangani Real Madrid Mourinho sempat mencolok mata Vilanova yang bekerja untuk Barca pada laga El Clasico tahun 2011.




Rest in peace, Tito(vh/mri)