FOLLOW US:

Gelandang Norwich Akui Sengaja Abaikan Fairplay Demi Cetak Gol

Selasa, 29-10-2013 09:07
Gelandang Norwich Akui Sengaja Abaikan Fairplay Demi Cetak Gol
Leroy Fer © AFP
Bola.net - Norwich City hanya mampu bermain imbang 0-0 saat menjamu tim promosi, Cardiff City di lanjutan Premier League pekan ke sembilan akhir pekan lalu. Namun sebuah insiden yang menodai fairplay terjadi di penghujung laga tersebut dan menjadi buah bibir bagi para pengamat sepakbola di Inggris.


Di masa injury time, gelandang Norwich, Alexander Tettey terkapar akibat berbenturan dengan striker Cardiff, Frazier Campbell. Bola yang saat itu tengah dikuasai oleh Cardiff pun dibuang ke luar lapangan sebagai tindakan fairplay terhadap cedera yang dialami Tettey.


Bola lemparan ke dalam kemudian diambil oleh striker The Canaries, Ricky van Wolfswinkel yang memberi umpan kepada rekannya, Leroy Fer. Sesuai kesepakatan fairplay tak tertulis, seharusnya Fer mengembalikan bola kepada pemain Cardiff. Namun gelandang bernomor punggung 10 tersebut malah menembakkan bola ke gawang lawan dan terjadilah sebuah gol.


Berikut video insiden tersebut:




Para pemain Cardiff tentu saja berang dengan tindakan Fer yang dianggap kurang sportif. Tensi di lapangan sempat memanas karena pemain dari kedua kubu sempat terlibat saling dorong akibat insiden tersebut.


Wasit Michael Jones sendiri akhirnya menganulir gol tersebut dengan alasan ia belum meniup peluit sebagai tanda van Wolfswinkel boleh melakukan tendangan sudut.


Saat ditemui wartawan usai laga, Fer tetap bersikeras bahwa dirinya tidak merasa bersalah terkait insiden tersebut. "Saya memang ingin mencetak gol dan meraih kemenangan, apalagi kondisi saat itu masih 0-0."


"Di Belanda, jika tim lawan membuang bola namun anda ingin meneruskan pertandingan, hal itu bukanlah masalah. Saya lihat di Inggris rupanya berbeda.


Fer juga merasa aneh tentang keputusan wasit menganulir golnya dan menganggap bahwa seharusnya gol itu tetap disahkan.


"Wasit berkata ia belum meniup peluit sebagai tanda lemparan ke dalam. Namun bukankah biasanya memang tak ada peluit sebelum throw in? Oleh karena itulah saya langsung menembak ke gawang," imbuh pemain 23 tahun ini.


Bagaimana opini Bolaneters tentang sikap Leroy Fer tersebut?