FOLLOW US:

Membaca Peluang Napoli untuk Meruntuhkan Kedigdayaan Juventus di Serie A

Rabu, 28-02-2018 15:50
Membaca Peluang Napoli untuk Meruntuhkan Kedigdayaan Juventus di Serie A
Napoli © AFP

Bola.net - SSC Napoli memiliki peluang besar menjadi juara Serie A musim ini sekaligus menghentikan laju juara Juventus yang sudah terjadi dalam enam musim terakhir. Saat ini, tim besutan Maurizio Sarri tersebut masih menduduki puncak klasemen dengan mengumpulkan 69 poin.

Jarak poin antara Napoli dengan Juventus memang tidak terlalu jauh. Tapi setidaknya, Napoli sudah terbukti tampil konsisten setelah mengalami kekalahan dari Juventus di pekan ke-15. Itu adalah satu-satunya kekalahan yang dialami Napoli musim ini.

Setelah itu, Napoli sempat mendapat hasil imbang sekali yaitu saat menghadapi Fiorentina. Kemudian Napoli selalu menang sampai sekarang. Terhitung sejak pekan ke-18, mereka menduduki peringkat pertama dan masih bertahan sampai sekarang.

Sisa pertandingan di Serie A musim ini tinggal 12 laga. Jika tiga poin sanggup selalu diraih Napoli hingga akhir musim nanti semua pasti sepakat bahwa Napoli akan keluar sebagai juara.

Tanda-tanda Napoli Akan Menjadi Juara Musim Ini

Napoli

Terakhir kali Napoli meraih gelar juara Serie A terjadi pada musim 1989/1990. Itu adalah yang kedua kalinya sejak Napoli berkompetisi di kasta tertinggi dalam sepakbola Italia, setelah juara pada tahun 1987 bersama Diego Maradona.

Firasat Napoli soal menjadi juara pada tahun 1990 di tandai dengan raihan poin sebanyak 51 menjelang hari natal. Bekal poin tersebut membuat Napoli menduduki peringkat satu sementara dan berjarak dua poin dari AC Milan di peringkat dua.

Musim ini, tanda-tanda juara itu kembali muncul. Menjelang momen natal musim ini, Napoli juga memuncaki klasemen Serie A dengan mengumpulkan 45 poin setelah mengalahkan Sampdoria pada hari Sabtu . Ini adalah yang pertama kalinya bagi Napoli selama 17 tahun terakhir.

Sebuah tanda-tanda tak akan berarti apa-apa tanpa dibuktikan dengan aksi nyata. Pemain yang berada dalam skuat Napoli saat ini bisa diandalkan untuk memenangkan gelar Serie A.

Napoli punya jajaran pemain bintang seperti Dries Mertens, Lorenzo Insigne, dan Marek Hamsik. Masing-masing pemain tersebut bermain sangat baik dan sudah banyak memberikan kontribusi sepanjang musim ini.

Berkat kerjasama yang baik antara pemain di dalam tim besutan Sarri, Napoli tercatat sebagai tim yang paling banyak menguasai bola di Serie A musim ini. Akurasi setiap umpan di Napoli juga yang terbaik di antara tim lainnya.

Mertens adalah pemain yang paling produktif di Napoli sehingga pemain asal Belgia tersebut pun masuk dalam jajaran top skor Serie A sementara. Saat ini, ia menduduki peringkat empat dengan 16 golnya.

Di pertandingan terakhir, Napoli mampu mengalahkan Cagliari dengan skor 5-0 meski bermain di kandang lawan. Kemenangan tersebut merupakan kemenangan ke-10 secara beruntun yang dipetik Napoli

Di 12 sisa pertandingan yang akan dijalani, Napoli memang masih akan menjalani sejumlah partai berat termasuk menghadapi AS Roma, Inter Milan, AC Milan, Sampdoria dan Juventus. Pada paruh pertama, menghadapi tim-tim besar tersebut, Napoli hanya sekali mengalami kekalahan yaitu saat menghadapi Juventus. Ini artinya, Juventus akan batu hambatan terbesar meskipun kekuatan Napoli di laga besar tak perlu diragukan.

Napoli Hanya Fokus Mengejar Juara Liga

Dries Mertens dan Lorenzo Isigne merayakan gol untuk Napoli

Untuk menghadapi sejumlah laga selanjutnya yang tersisa, Napoli memiliki keuntungan dibanding dengan tim-tim papan atas. Pasalnya, Napoli bisa fokus sepenuhnya mengejar juara di kompetisi liga. Setelah tak lolos dari babak penyisihan 32 besar di Liga Europa, kini Napoli tinggal menjalani jadwal pertandingan di Serie A.

Sementara itu, tim-tim besar yang akan mereka hadapi seperti AS Roma, Juventus, atau bahkan AC Milan masih harus membagi fokus di kompetisi lain. Ini bisa menjadi keuntungan bagi Napoli untuk mengejar juara Serie A musim ini.

Musim ini memang bisa dikatakan sebagai peluang terbesar bagi Napoli untuk meraih gelar juara untuk pertama kalinya di Serie A sejak tahun 1990. Namun untuk itu, mereka tentu harus bekerja keras dalam bersaing dengan Juventus.

Banyak yang sudah mengira bahwa Napoli akan menjadi juara. Pelatih Napoli sendiri berharap anggapan tersebut bisa menjadi kenyataan. Namun untuk memastikan semuanya bakal terjadi, Napoli perlu mengumpulkan hingga 100 poin.

"Seorang penggemar Juventus mengatakan kami akan memenangkan Scudetto karena kami layak? Saya berharap dia benar, namun jangan lupa Bianconeri adalah tim yang amat kuat, mereka punya sumber daya tak terbatas," tutur Sarri.

"Saya berharap meraih 100 poin, namun bagi kami itu akan jadi sesuatu yang belum pernah kami jamah, kami tidak tahu apakah kami bisa meraihnya."

Mengharapkan Napoli bisa menjadi juara musim ini memang tidak berlebihan. Menurut pelatih Tottenham, Mauricio Pochettino, Napoli adalah salah satu tim yang bermain sangat bagus saat. Dengan begitu, maka Napoli pun dipercaya bisa menghancurkan kedigdayaan Juventus yang seolah sulit digempur.

"Napoli bisa menangkan Scudetto. Tim Maurizio Sarri itu memainkan salah satu sepak bola paling indah di Eropa, saya selalu suka menonton mereka bermain," ucap Pochettino.

"Mereka akan bertarung dengan Juventus sampai akhir musim untuk Scudetto. Saya tidak perlu memberikan saran pada Sarri soal cara mengatasi Juve sebab dia sudah merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia."