FOLLOW US:

Persija Juara Liga 1, The Jakmania Lakoni Ritual di Bundaran HI

Senin, 10-12-2018 10:11
Persija Juara Liga 1, The Jakmania Lakoni Ritual di Bundaran HI
Suporter Persija Jakarta mengangkat replika piala saat merayakan gelar juara Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Minggu (09/12). © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Usai Persija Jakarta memastikan sebagai yang terbaik di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, The Jakmania pun larut dalam pesta dan euforia. Penantian panjang mereka pun usai.

Selama 17 tahun mereka bersabar menanti momen Tim Macan Kemayoran angkat piala. Terakhir, Persija jadi yang terbaik di Liga Indonesia musim 2001.

Ekspresi kegembiraan dimuntahkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pada hari H pertandingan Persija Vs Mitra Kukar stadion termegah di Indonesia itu disesaki massa bertartribut The Jakmania. Total berdasarkan catatan panpel 68.673 penonton menyaksikan jalannya laga.

Jumlah itu belum termasuk massa berlimpah ruah yang menyebar di area sekitar stadion. Walau tak bisa masuk mereka tetap menyaksikan pertandingan dengan layar raksasa yang disiapkan panpel Persija, sebagai antisipasi stadion tak bisa menampung semua pendukung.

Kemenangan 2-1 membuat suporter Persija bersuka cita. Konvoi dengan menggunakan kendaraan roda empat berupa bus dan roda dua motor dilakukan usai acara selebrasi juara. Satu tempat yang jadi tujuan mereka: Bundaran Hotel Indonesia. Mereka ramai-ramai nyebur ke kolam air mancur.

Aksi ini merupakan ulangan 2001. Saat itu The Jakmania yang dikomandoi pentolannya Ferry Indrasjarief melakukan perayaan juara Liga Indonesia dengan berenang di Bundaran HI.

Uniknya pada Liga Indonesia edisi 2001 Persija juga mengkandaskan PSM Makassar sebagai rival utama dalam perburuan juara. Saat itu tim ibu kota menang 2-1 di laga puncak.

Jadwal pesta Pesta pawai juara Persija masih belum dapat dipastikan. Rombongan tim Persija bergerak ke Bali pada Senin (10/12/2018) untuk melakoni duel Piala Indonesia dua hari berselang kontra Bogor FC. "Nanti setelah Piala Indonesia akan dibicarakan dengan suporter dan juga Pemprov DKI soal pawai juara," ungkap Gede Widiade, CEO Persija Jakarta.

Yuk nonton keseruan perayaan juara The Jakmania di video bawah ini:

Sumber: bola.com