FOLLOW US:

Piala Afrika: Kontroversi di Laga Tunisia vs Mali, Apa yang Terjadi?

Kamis, 13-01-2022 14:05

 | Afdholud Dzikry

Sebuah laga di Piala Afrika 2022 menjadi sorotan internasional. Kontroversi terjadi di laga Tunisia melawan Mali pada fase grup F Piala Afrika yang digelar di Stade Omnisport de Limbe, Kamerun, Rabu (12/1/2022) malam hari WIB.

Dalam pertandingan Tunisia kontra Mali tersebut, wasit Janny Sikazwe menjadi salah satu sosok yang disorot. Hal itu karena wasit asal Zambia tersebut sempat membunyikan peluit tanda berakhirnya laga sebanyak dua kali.

Sikazwe pertama kali membunyikan peluit tanda berakhirnya pertandingan pada menit ke-86. Namun, ia menyadari kesalahannya lalu laga dilanjutkan kembali. Pada menit ke-89 detik 47, wasit berusia 42 tahunt tersebut membunyikan peluit tandang berakhirnya laga.

Pihak Tunisia sempat protes terhadap keputusan itu karena belum 90 menit laga berlangsung. "Bahkan ofisial keempat pertandingan akan bersiap mengangkat papan waktu yang menunjukkan berapa lama masa injury time, lalu wasit membunyikan peluitnya. Keputusan wasit tidak dapat dipahami. Saya tidak mengerti mengapa ia melakukannya. Kita lihat nanti apa yang terjadi," ujar Pelatih Tunisia, Mondher Kebaier, dalam konferensi pers seperti dilansir dari Guardian.

Kontroversi yang terjadi dalam laga Tunisia kontra Mali tidak berhenti sampai di situ. Terdapat keputusan wasit atau pihak penyelenggara yang membuat mungkin beberapa pihak bingung.

Bagaimana kronologi kontroversi laga Piala Afrika, Tunisia kontra Mali? Para pembaca bisa menyimak penjelasan singkatnya dalam tayangan di atas.

Disadur: Bola.com (Okie Prabhowo, 13/1/22)