FOLLOW US:

Video: Gol Juan Mata Dianulir, VAR Minta Maaf

Senin, 19-02-2018 03:36
Video: Gol Juan Mata Dianulir, VAR Minta Maaf
Juan Mata tidak percaya golnya dianulir © mun

Bola.net - Manchester United berhasil meraih kemenangan 2-0 saat menghadapi Huddersfield dalam ajang FA Cup. Tak banyak kontroversi yang terjadi dalam pertandingan ini, hanya satu kejadian unik yang menjadi perbincangan di Inggris.

Insiden yang dimaksud adalah ketika gol Juan Mata dianulir pada penghujung babak pertama. Mata dinilai sudah berada pada posisi offside ketika Ashley Young mengirimkan assist untuknya. Keputusan itu sepertinya sudah benar, namun penyajiannya di televisi yang menjadi sorotan.

Dalam tayangan langsung di televisi, terlihat garis-garis offside aneh di lapangan. Garis itu terkesan dibuat ala kadarnya dan asal-asalan. Setelah pertandingan, BT Sport melakukan analisis dengan garis yang lebih lurus. Berikut videonya:

Keputusan untuk menganulir gol itu memang sudah benar karena Mata berada dalam posisi offside. Namun yang menjadi permasalahan adalah video yang ditayangkan saat siaran langsung. Hawkeye, penyedia jasa VAR di Inggris, meminta maaf atas kesalahan itu.

Mereka mengakui bahwa video yang mereka kirimkan saat siaran langsung memang salah. Tapi mereka juga menegaskan bahwa video yang mereka pakai saat menganulir gol Mata bukanlah video garis-garis aneh itu.

"Kesalahan teknis membuat kami menunjukkan video yang salah kepada BT Sport.Untuk memastikan saja, VAR menggunakan video dengan garis yang benar untuk membuat keputusan dalam situasi itu. Ini adalah kasus di mana kami memberikan video yang salah kepada televisi. Kami meminta maaf," demikian bunyi pernyataan resmi Hawkeye.