Video: Kecelakaan Hebat Zhou Guanyu di F1 Silverstone, Terbalik dan Tabrak Pagar Trek

Anindhya Danartikanya | 4 Juli 2022 09:03
Pembalap Alfa Romeo Racing Orlen, Zhou Guanyu (c) AP Photo

Bola.net - Suasana mencekam mewarnai lap pembuka Formula 1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone pada Minggu (3/6/2022). Kecelakaan hebat dialami pembalap Alfa Romeo Racing Orlen, Zhou Guanyu, yang tertabrak oleh pembalap Mercedes AMG Petronas, George Russell.

Start ke-11, pembalap Scuderia AlphaTauri, Pierre Gasly, terhimpit di antara mobil Guanyu dan Russell. Ban depan kanannya kemudian menyenggol mobil Russell, sehingga pembalap tuan rumah itu hilang keseimbangan dan melaju ke arah kiri sebelum mencapai tikungan pertama.

Russell pun menabrak mobil Guanyu yang kemudian terbalik dan terseret keluar trek. Sesampainya di gravel, mobil pembalap asal China itu berguling beberapa kali sebelum akhirnya berhenti akibat menghantam pagar. Namun, situasi menjadi rumit karena mobil Guanyu terjepit di antara pagar dan dinding ban.

1 dari 1 halaman

Lolos dari Cedera

Proses evakuasi mobil pembalap Alfa Romeo Racing Orlen, Zhou Guanyu, di Formula 1 GP Inggris 2022. (c) AP Photo

Bendera merah tanda balapan dihentikan pun dikibarkan demi memudahkan evakuasi Guanyu, begitu juga pembalap Williams Racing, Alexander Albon, yang mengalami insiden terpisah di trek lurus. Keduanya kemudian masing-masing dibawa ke Medical Center dan Rumah Sakit Coventry dan lolos dari cedera serius.

Balapan kemudian dilanjutkan, namun Zhou, Russell, dan Albon tak bisa ikut menjalani restart. Balapan dimenangi oleh pembalap Scuderia Ferrari, Carlos Sainz jr, diikuti oleh pembalap Oracle Red Bull Racing, Sergio Perez, di posisi kedua, dan pembalap tuan rumah dari Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton.

"Saya baik-baik saja, bebas cedera. Halo menyelamatkan saya hari ini. Terima kasih kepada semua orang atas pesan-pesan kalian yang baik," ungkap Guanyu lewat media sosial. Berikut video kecelakaan hebat yang dialami Guanyu di F1 GP Inggris 2022 seperti yang dirilis resmi oleh kejuaraan lewat Instagram.

View this post on Instagram

A post shared by FORMULA 1® (@f1)

Sumber: Instagram/F1

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR