FOLLOW US:


Akhirnya Naik Podium, Joan Mir Belum Kepikiran Pertahankan Gelar MotoGP

19-04-2021 13:19

 | Anindhya Danartikanya

Akhirnya Naik Podium, Joan Mir Belum Kepikiran Pertahankan Gelar MotoGP
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir © Suzuki

Bola.net - Usai dinanti-nanti, sang juara dunia bertahan, Joan Mir, akhirnya menapakkan kaki di tangga podium untuk pertama kalinya musim ini, usai finis ketiga di MotoGP Portimao, Portugal, pada Minggu (18/4/2021). Kepada Crash.net, rider Suzuki Ecstar ini pun menyatakan bahwa hasil tersebut adalah langkah yang cukup penting.

Dalam Seri Qatar, Mir begitu dekat dengan podium, namun tersalip oleh dua rider Ducati tepat di trek lurus hingga harus puas finis keempat. Dalam Seri Doha, ia ikut sengit berebut podium, sebelum mengalami senggolan kontroversial dengan Jack Miller, yang membuatnya harus puas finis ketujuh.

Dalam Seri Portimao, Mir pun tampil lebih baik. Meski harus start dari posisi 9, ia tampil tenang dan tak melakukan kesalahan apa pun. Alhasil, ia berhasil finis ketiga, di belakang Fabio Quartararo dan Pecco Bagnaia. Ia lebih senang lagi karena Portimao tak bersahabat dengan Suzuki, dan bahkan ia gagal finis tahun lalu.

1 dari 3

Pekan Balap yang Positif

"Pekan balap ini positif. Portimao bukan trek terbaik saya, tapi saya bisa finis di podium, jadi saya senang. Saya sangat kuat dalam sesi pemanasan, tapi pada pertengahan balap ada masalah pada bagian depan motor hingga saya mundur. Namun, dalam lap-lap terakhir saya bisa 'selamat' dan mendapatkan ritme positif," ujar Mir.

Kini, Mir pun berharap podium di Portimao ini menjadi awal yang baik untuk kiprahnya di sisa musim ini, seperti halnya usai ia podium di Seri Austria tahun lalu, yang mengawali kiprah garangnya di sisa musim 2020 hingga merebut gelar dunia.

2 dari 3

Tak Pikirkan Gelar Dunia

"Tahun lalu, saat meraih podium pertama, kami punya kecepatan lebih baik dan bisa naik podium. Jadi, langkah pertama musim ini juga naik podium. Saya rasa musim ini dimulai dengan trek-trek yang tak mudah bagi kami, karena Qatar, Portimao, Jerez, dan Le Mans mungkin bukan yang terbaik bagi Suzuki," ungkap Mir.

"Namun, kami bisa ikut memperebutkan podium di Qatar dan Portimao. Mungkin situasinya bakal lebih baik di Jerez. Saya akan coba, namun saya tak memikirkan gelar dunia. Saya hanya mau memikirkan balapan demi balapan, coba bersantai, dan mengerahkan 100% dari diri saya," pungkas rider 23 tahun ini.

Saat ini, Mir tengah duduk di peringkat kelima pada klasemen pembalap dengan koleksi 38 poin, tertinggal 23 poin dari Fabio Quartararo di puncak. MotoGP Spanyol akan digelar pada 30 April-2 Mei di Sirkuit Jerez.

Sumber: Crashnet

3 dari 3

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP