FOLLOW US:


Akibat Covid-19, Ducati Tekad Ulang Negosiasi Gaji 7 Pebalapnya

20-04-2020 15:00

 | Anindhya Danartikanya

Akibat Covid-19, Ducati Tekad Ulang Negosiasi Gaji 7 Pebalapnya
Jack Miller, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Pecco Bagnaia © Ducati/Pramac

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, menyatakan pihaknya akan melakukan negosiasi ulang dengan para sponsor dan tujuh pebalapnya, baik di MotoGP maupun WorldSBK, mengenai situasi finansial mereka akibat adanya pandemi virus corona (Covid-19). Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan Speedweek.

Ducati diketahui memiliki tujuh rider yang kontraknya langsung terikat dengan manajemen Ducati Corse, yakni Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci (Ducati Team), Jack Miller dan Francesco Bagnaia (Pramac Racing), Johann Zarco (Reale Avintia Racing) serta Chaz Davies dan Scott Redding (Aruba.it Racing Ducati). Tito Rabat tak termasuk karena kontraknya terikat dengan Avintia.

Bagi tim MotoGP dan WorldSBK, gaji pebalap menuntut pengeluaran biaya yang cukup signifikan, tapi akibat Covid-19, sampai kini MotoGP belum bisa dimulai dan WorldSBK baru bisa menggelar satu seri dan kelanjutan musim balap kedua ajang juga belum bisa ditentukan. Atas alasan ini, seluruh tim juga tak ada pemasukan hingga harus memangkas pengeluaran, termasuk gaji rider.

1 dari 3

Sponsor Pasti Tak Mau Bayar Penuh

Sponsor Pasti Tak Mau Bayar Penuh
Pebalap Reale Avintia Racing, Johann Zarco © MotoGP.com

Ciabatti pun menyatakan bahwa proses negosiasi ini akan dilakukan Ducati sekalinya Dorna Sports mulai memiliki bayangan lebih jelas apakah musim balap MotoGP bisa dimulai dan apakah musim balap WorldSBK bisa dilanjutkan.

"Semuanya harus dinegosiasikan ulang sesegera mungkin sekalinya kami tahu berapa balapan yang bisa kami jalani pada 2020. Ini karena para sponsor juga takkan mau membayarkan harga yang disepakati jika misalnya kami hanya balapan setengah dari jumlah balapan," ujarnya.

"Anda harus bener-benar melakukan evaluasi ulang situasi yang ada di semua area. Tapi pertama, kami harus dapat kejelasan soal kapan kejuaraan bisa dimulai. Dan saya rasa semua orang yang terlibat bisa memahaminya," lanjut pria asal Italia ini.

2 dari 3

Dampaknya Bakal Berat

Dampaknya Bakal Berat
Pebalap Aruba.it Racing Ducati, Scott Redding © WorldSBK.com

Di lain sisi, Ciabatti juga menyadari bahwa ini bukan perkara muda, dan masalah tak hanya menimpa tim-tim peserta, melainkan juga Dorna Sports, yang harus melakukan negosiasi ulang dengan para pemegang hak siar, promotor di tiap negara, serta sponsor kedua kejuaraan.

"Dorna akan melakukan negosiasi ulang dengan stasiun televisi, promotor, sponsor Grand Prix dan sponsor seri lainnya. Dampak dari krisis finansial akan berat untuk semua orang yang terlibat. Tapi sebelum kami memulai negosiasi dengan sponsor atau pebalap, kami harus punya gambaran jelas soal masa depan dalam waktu dekat," tutup Ciabatti.

3 dari 3

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika