Aksi 'Save' Keren Toprak Razgatlioglu di Estoril, Marc Marquez Angkat Topi

Anindhya Danartikanya | 23 Mei 2022 09:06
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Bola.net - Pembalap Repsol Honda MotoGP, Marc Marquez, merasa kagum dan memberikan pujian pada Toprak Razgatlioglu. Pasalnya, rider Pata Yamaha WorldSBK itu melakukan aksi 'save' menakjubkan pada lap terakhir Superpole Race WorldSBK Estoril, Portugal, Minggu (22/5/2022).

Razgatlioglu yang merupakan juara dunia bertahan, sejauh ini belum juga merebut kemenangan lagi. Namun, ia punya kans besar dalam balapan berdurasi 10 lap itu usai memegang kendali pimpinan balap. Sayangnya, ban depannya selip di Tikungan 10 pada lap terakhir.

Ia mampu melakukan aksi 'save' dan tak mengalami kecelakaan. Ia kembali melaju dengan kecepatan yang baik, namun tersalip rider Kawasaki Racing Team yang juga kawan baiknya, Jonathan Rea, di chicane. El Turco pun harus rela melihat kemenangan jatuh ke tangan The Cannibal.

1 dari 2 halaman

Sering Latihan dan Nonton Aksi Marc Marquez

Lewat WorldSBK.com usai balapan kedua (Race 2), Razgatlioglu menjelaskan aksinya itu. Ia mengaku ia sudah sering latihan 'save' setiap kali berlatih dengan Kenan Sofuoglu, lima kali juara WorldSSP sekaligus sang mentor, di Turki. Tak hanya itu, ia juga mempelajari Marquez, yang dikenal sebagai raja 'save' di MotoGP.

"Saya selalu latihan bersama Kenan di sirkuit kecil miliknya. Ban depan saya selalu selip di sana, namun saya selalu berhasil menegakkan motor saya. Itu latihan yang baik, karena hari ini saya mencobanya. Masalahnya, kali ini saya pakai motor besar!" kisah pembalap berusia 25 tahun ini.

"Meski begitu, saya rasa orang-orang tahu bahwa saya sering nonton Marc Marquez dan gaya 'save'-nya. Saya ingat di Jerez 2020, saya juga coba melakukannya tapi tak bisa dan jatuh. Tapi kali ini saya harus melakukannya. Saya pun senang bisa meraih poin yang baik, karena finis kedua lebih baik daripada jatuh," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Bikin Marc Marquez Takjub

Pujian Marc Marquez atas aksi save Toprak Razgatlioglu di WorldSBK Estoril 2022. (c) Twitter/Instagram/MarcMarquez93Pujian Marc Marquez atas aksi save Toprak Razgatlioglu di WorldSBK Estoril 2022. (c) Twitter/Instagram/MarcMarquez93

WorldSBK sendiri mengunggah foto-foto aksi 'save' Razgatlioglu di media sosial, dan Marquez pun melihatnya. Sang delapan kali juara dunia pun mengaku takjub dan bahkan membagikan foto Razgatlioglu ke Instagram Story.

Ia juga tak ketinggalan meninggalkan komentar di Instagram Razgatlioglu. "Menakjubkan, Kawan!" tulis Marquez sembari memberikan emoji topi sulap, tanda ia angkat topi untuk aksi Razgatlioglu.

Razgatlioglu diketahui memiliki kans besar pindah ke MotoGP pada 2023 bersama Yamaha. Ia akan menjalani tes tertutup dengan motor YZR-M1 di Aragon, Spanyol, pada Juni mendatang. Meski begitu, ia juga tak menutup kemungkinan tetap bertahan di WorldSBK.

Sumber: WorldSBK

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR