FOLLOW US:


Aprilia Segera Tentukan Nasib Andrea Dovizioso, Punya Opsi Lain

25-06-2021 13:02

 | Anindhya Danartikanya

Aprilia Segera Tentukan Nasib Andrea Dovizioso, Punya Opsi Lain
Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Misano 2021. © Aprilia Racing

Bola.net - CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, dan sang test rider, Andrea Dovizioso, mengaku sama-sama senang atas jalannya uji coba tertutup ketiga mereka musim ini, yakni di Misano, Italia, 23-24 Juni. Lewat rilis resmi tim, Kamis (24/6/2021), Rivola pun mengaku akan segera menentukan line up pembalapnya untuk MotoGP 2022.

Seperti yang diketahui, Dovizioso sebelumnya sudah menjalani uji coba di atas motor RS-GP di Sirkuit Jerez dan Mugello. Meski tak ada catatan waktu yang dirilis secara resmi, Aprilia menjunjung tinggi kinerjanya dan menilainya sebagai pembalap yang sangat layak untuk diturunkan dalam kompetisi MotoGP tahun depan.

Dalam uji coba di Misano kali ini, Dovizioso menemukan kondisi trek yang ideal, usai terganggu hujan lebat di Mugello. Ia menjalani 78 lap pada hari pertama dan 48 lap pada hari kedua. Ia fokus pada aerodinamika, elektronik, dan beberapa sasis baru, serta mengumpulkan data untuk paruh kedua musim ini dan tahun depan.

1 dari 3

Bakal Uji Coba Lagi pada Juli

Bakal Uji Coba Lagi pada Juli
Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso © Aprilia Racing

"Ini uji coba yang menarik. Uji coba di tiga trek berbeda sangatlah penting demi memahami motor lebih baik dan melihat poin mana yang harus dikembangkan. Kami menjajal dan mengubah banyak hal demi memahami lebih baik banyak detail yang kami kumpulkan dengan cara lebih akurat," ujar tiga kali runner up MotoGP ini.

"Kami mampu mengidentifikasi cara meningkatkan performa motor, dan di lain sisi, kami juga tahu di mana kami mengalami kemunduran usai melakukan perubahan tertentu. Pada uji coba berikutnya, kami bakal bisa melakukan perbandingan lebih jauh dan mendiskusikan ide-ide kami lebih baik," lanjut Dovizioso.

Rivola pun puas atas kinerja Dovizioso, apalagi rider Italia itu membantu tim mengumpulkan data solid untuk Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori. Ia juga menyatakan akan ambil keputusan soal Dovizioso di sela Seri Assen, Belanda, akhir pekan ini, meski uniknya, ternyata ada rider lain yang dilirik Aprilia.

2 dari 3

Ada Rider Lain yang 'Menarik dan Valid'

Ada Rider Lain yang 'Menarik dan Valid'
Joe Roberts © MotoGP.com

"Ini dua hari uji coba yang sangat positif. Kami puas atas uji coba ini, yang menunjukkan beberapa poin penting dan membuktikan progres motor kami, yang sudah bisa kami lihat dalam balapan. Ini tugas yang akan kami lanjutkan pada Juli. Andrea terbukti rider yang hebat soal sensitivitas dan sudah paham perilaku motor kami," tutur Rivola.

"Aprilia tengah mempertimbangkan solusi terbaik untuk rider 2022, tanpa harus menanti uji coba pada Juli. Andrea jelas termasuk dalam solusi yang kami renungkan, namun ada alternatif lain yang sangat menarik dan valid, dan keputusan harus segera diambil agar kami bisa matang merancang rencana strategi masa depan tim. Assen pun bakal jadi pekan balap yang sangat penting," pungkasnya.

Jika Dovizioso benar-benar akan membela Aprilia Racing tahun depan, maka ia akan menggantikan Savadori, yang kemungkinan besar akan kembali menjalankan perannya sebagai test rider. Meski begitu, pabrikan asal Noale, Italia, ini juga diketahui sudah saling lirik dengan rider Italtrans Racing Moto2, Joe Roberts, sejak tahun lalu.

Sumber: Aprilia Racing

3 dari 3

Video: Sujud Syukur Marc Marquez Usai Menangi MotoGP Sachsenring