FOLLOW US:


Bagai Pembalap Motor, Presiden Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Jelang Jamu WorldSBK

12-11-2021 15:15

 | Anindhya Danartikanya

Bagai Pembalap Motor, Presiden Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Jelang Jamu WorldSBK
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjajal trek saat meresmikan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jokowi menunggangi motor dengan tulisan RI 1. © Agus Suparto/Biro Sekretariat Kepresidenan

Bola.net - Presiden Joko Widodo resmi menjajal lintasan Sirkuit Mandalika dalam kunjungan kerja ke Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11/2021) pagi waktu setempat. Bagaikan pembalap motor, Presiden Jokowi dengan lihai mengendarai motor modifikasi miliknya.

Kegiatan Presiden Jokowi kali ini bertujuan untuk meninjau trek sepanjang 4,31 km tersebut jelang gelaran WorldSBK Indonesia pada 12-14 November 2021. Presiden Jokowi juga meresmikan Sirkuit Mandalika. Venue ini menjadi kebanggaan Indonesia karena menjadi satu-satunya sirkuit jalan raya dalam kalender MotoGP 2022.

Jokowi menggunakan motor modifikasi berkelir hijau saat menjajal mulusnya lintasan sirkuit. Motor itu adalah Kawasaki W175 yang sudah dimodifikasi dengan gaya Bobber dan Cafe Racer hasil kreasi Katros Garage. Motor tersebut bertuliskan RI 1 yang disertai nama Jokowi di bagian tangki.

Tak hanya motornya, penampilan Jokowi saat mengaspal di Sirkuit Mandalika juga mencuri perhatian. Jokowi terlihat menggunakan jaket motor dan celana panjang balap berwarna hitam. Selain itu, orang nomor 1 di Indonesia tersebut menggunakan helm lokal buatan Bandung, Jawa Barat, yang menambah kesan retro.

1 dari 4

Warganet Doakan WorldSBK Sukses

Warganet Doakan WorldSBK Sukses
Presiden Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat. © Biro Pers Kepresidenan

Aksi dan penampilan Presiden Jokowi saat mengaspal di Sirkuit Mandalika menyita perhatian masyarakat. Banyak warga di sosial media yang dibuat kagum dengan penampilan mantan Gubernur DKI Jakarta itu di lintasan.

Komentar kekaguman itu membanjiri akun Twitter Menteri BUMN, Erick Thohir, yang membagikan video Jokowi saat mengaspal di Sirkuit Mandalika. Selain itu, warganet juga mendoakan kesuksesan Indonesia dalam menggelar ajang WSBK 2021.

"Bapakku Ganteng Pisan kalau sudah naik motor. Sukses World Superbike Mandalika 2021," tulis akun @aak_motoplore.

"Terima kasih Pak Presiden. Terima kasih Pak Menteri. Terima kasih semuanya telah membangun Lombok. Semoga Tuhan YMK selalu melindungi," tulis akun @sig4rpenjalin.

2 dari 4

Rifat Sungkar Juga Kagum

Rifat Sungkar Juga Kagum
Presiden Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat. © Biro Pers Kepresidenan

Pereli Rifat Sungkat pun ikut kagum pada penampilan Presiden Jokowi saat menjajal Sirkuit Mandalika. Hal ini pun ia sampaikan lewat Instagram. "PRESIDEN GUA KEREN BANGETTT!!!!!! Ini ngebuktiin, semua orang punya passion dan hal ini yang bikin hidup kita lebih hidup," tulis Rifat.

"Sama halnya dengan hari ini, semua pecinta otomotif melihat "babak baru" dalam dunia otomotif Indonesia dengan diresmikannya sirkuit "Pertamina Mandalika International Street Circuit" atau kalau gua singkat PERMISI" lanjutnya.

"Hari ini di Peresmian "PERMISI" pak @jokowi mengendarai motor customnya dan Biarin deh foto covernya burem, menurut gua ini foto yang paling epic... Keren banget pak, you are my idol!!" tutup Rifat.

3 dari 4

Bangga Banget Lihat Sirkuit Mandalika

Bangga Banget Lihat Sirkuit Mandalika
Desain Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia © MotoGP

"Luar biasa BANGSAKU mampu membangun Sirkuit TERCANTIK DI DUNIA di PERTAMINA MANDALIKA INTERNATIONAL STREET CIRCUIT. Terima kasih Pak Jokowi," tulis pemilik akun @Mrsa23001 di Twitter.

"Bangga banget lihat Sirkuit Mandalika," ucap pengguna akun @Prabu_dasamuka.

"Seluruh Indonesia bangga krn pelaksanaan WSBK dilaksanakan di Sirkuit Mandalika. Semua pihak mencoba melibatkan diri utk mendukung agar gelaran ini berjalan lancar," ungkap warganet @kuyangmanis.

4 dari 4

Penentu Gelar

Penentu Gelar
Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea © Yamaha Racing

WorldSBK Indonesia 2021 diprediksi bakal berlangsung sengit. Seri penutup ini jadi ajang penentu gelar dunia 2021.

Perburuan gelar hanya akan melibatkan pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu; rider Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea. Keduanya saat ini hanya terpisah 30 poin di klasemen sementara.

Disadur dari: Bolacom (Zulfirdaus Harahap, Rizki Hidayat) | Dipublikasi: 12 November 2021