FOLLOW US:


Bos Ducati: Andrea Dovizioso Lebih Baik dari Maverick Vinales

30-10-2019 08:55

 | Anindhya Danartikanya

Bos Ducati: Andrea Dovizioso Lebih Baik dari Maverick Vinales
Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales © Ducati/Yamaha

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, tak menutupi rasa kecewanya melihat kedua rider tim pabrikan, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci gagal meraih hasil baik di MotoGP Phillip Island, Australia, akhir pekan lalu. Dovizioso hanya finis ketujuh, sementara Petrucci gagal finis sejak lap pertama.

Meski begitu, Ciabatti tetap meyakini bahwa pihaknya tetap bekerja baik sepanjang musim ini, mengingat Dovizioso bisa kembali menyabet peringkat runner up pada akhir musim. Ia sudah unggul 57 poin dari Alex Rins. Hal ini ia sampaikan kepada Paddock GP.

"Hasil ini tak membuat kami senang karena kami ingin menang, tapi hasil ini juga tak boleh direndahkan, karena kami bisa kembali meraih runner up lagi untuk ketiga kali beruntun di dua seri terakhir. Tahun ini, Ducati tetap pabrikan yang paling banyak menang setelah Honda," ujarnya.

1 dari 2

Puji Performa Bagnaia

Di lain sisi, Ciabatti juga memuji performa debutan Pramac Racing, Francesco Bagnaia. 'Pecco' sukses finis keempat, yakni hasil finis terbaiknya musim ini. Dengan motor Desmosedici GP18, ia finis hanya 0,055 detik dari sang tandem, Jack Miller, yang finis ketiga dengan Desmosedici GP19 spek pabrikan.

"Kami percaya pada Pecco karena ini musim perdananya dan kami belum lupa apa yang ia lakukan di Moto2 tahun lalu. Ia tampil baik di Australia, padahal ia tahu benar motornya tak semudah Yamaha atau Suzuki. Semoga tahun depan, dengan motor 2020, ia akan jadi pebalap yang kami harapkan," ungkap Ciabatti.

2 dari 2

Dovizioso Lebih Baik dari Vinales

Uniknya, ketika Ducati punya Bagnaia dan Miller untuk ditandemkan di tim pabrikan pada 2021 mendatang, mereka juga punya pilihan untuk mempertahankan Dovizioso, serta menggaet Maverick Vinales, yang belakangan ini santer dikabarkan menjalani negosiasi dengan mereka.

Meski begitu, Ciabatti tak berkomentar banyak. "Jika Anda minta saya menilai musim Dovi dengan Maverick, saya akan bilang penampilan Dovi lebih baik, dan statistik juga membuktikannya. Saya harus katakan, bahwa Dovi, meski musim ini naik turun, selalu lebih baik dari rider lainnya," pungkasnya.

Para rider Ducati, dan juga Vinales yang masih membela Yamaha, akan kembali turun lintasan dalam pekan balap MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada 1-3 November.