FOLLOW US:


Bukan Lagi Ducati, Marquez Sebut Vinales-Quartararo Rival Utama

08-07-2019 09:50

 | Anindhya Danartikanya

Bukan Lagi Ducati, Marquez Sebut Vinales-Quartararo Rival Utama
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez © AP Photo

Bola.net - Berkat kemenangan dalam MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (7/7), Marc Marquez makin kokoh di puncak klasemen pebalap. Mengoleksi 186 poin, ia menuju rehat musim panas dengan margin besar atas duet Ducati yang juga rival terdekatnya. Ia unggul 58 poin atas Andrea Dovizioso dan 65 poin atas Danilo Petrucci.

Meski begitu, Marquez tak lagi menganggap keduanya sebagai rival utama, walau yakin Ducati bisa menyerang kapan saja. Rider Repsol Honda tersebut yakin, kini rival terkuatnya dalam setiap balapan di sisa musim ini adalah pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, dan debutan Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo.

Menurut Marquez, keduanya akan memberi tantangan terbesar pada paruh kedua musim ini, karena terbukti tampil kompetitif selama tiga seri terakhir. Meski gagal finis di Catalunya, Vinales menunjukkan tanpa kebangkitan, terbukti dari kemenangannya di Belanda. Top Gun bahkan mampu finis kedua di Sachsenring.

Quartararo sendiri sukses Merebut pole dan podium di Catalunya dan Belanda. Dalam balapan di Sachsenring, ia kembali start dari barisan terdepan, meski gagal finis akibat terjatuh di Tikungan 3 pada Lap 2. Hasil Vinales dan Quartararo inilah yang membuat Marquez mewaspadai Yamaha.

1 dari 2

Bakal Makin Fokus pada Ritme Balap

"Kini saya punya keunggulan poin yang sepadan dua balapan dari Dovi, dan jelas Ducati akan bangkit dan melaju sangat cepat. Tapi saat ini, rider-rider yang harus saya kalahkan adalah dua rider Yamaha, Maverick dan Fabio. Saya rasa mereka bakal jadi yang tercepat pada paruh kedua musim ini," ungkapnya via Crash.net.

Marquez pun kini akan melakukan strategi berbeda dalam menyongsong 10 seri tersisa. Kini ia hanya akan fokus mencari ritme balap terbaik, seperti yang ia lakukan di Sachsenring. Ia juga tak lagi mau mengira-ngira apa yang akan dilakukan pebalap lain.

"Kami harus tetap ngotot dan bekerja keras, fokus pada ritme balap, seperti yang saya lakukan hari ini. Saya lupakan yang lainnya. Tak peduli siapa yang ada di belakang saya, atau siapa yang kecelakaan, atau melakukan kesalahan. Ini adalah soal berkonsentrasi pada ritme saya sendiri," ujarnya.

2 dari 2

Senang Sang Adik Juga Berkuasa

Kemenangan di Sachsenring juga diyakini Marquez sebagai hal yang positif dalam menyambut liburan musim panas. Apalagi sang adik, Alex Marquez (Estrella Galicia 0,0 Marc VDS) juga sukses meraih kemenangan di tempat yang sama dalam kelas Moto2, dan juga tengah memimpin klasemen pebalap.

"Rehat musim panas kali ini bakal sangat menyenangkan bagi keluarga saya, karena adik saya juga menang dan kini tengah memimpin klasemen pula. Saya lebih merasa bahagia untuknya ketimbang untuk diri saya sendiri. Bagaimanapun, semuanya berjalan dengan cara yang baik," pungkasnya.

Berkat kemenangan di Sachsenring, Alex Marquez kembali mengambil alih puncak klasemen pebalap dari Thomas Luthi dengan koleksi 136 poin. Marquez Bersaudara pun akan kembali turun lintasan dalam pekan balap di Automotodrom Brno, Ceko, pada 2-4 Agustus mendatang.