FOLLOW US:


Catatan Unik Digaetnya Alex Marquez oleh Repsol Honda

19-11-2019 13:45

 | Anindhya Danartikanya

Catatan Unik Digaetnya Alex Marquez oleh Repsol Honda
Alex Marquez © Marc VDS

Bola.net - Repsol Honda akhirnya menemukan pengganti untuk Jorge Lorenzo musim depan. Juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019, Alex Marquez lah yang ditunjuk untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Lorenzo pada Senin (18/11/2019).

Alex sejatinya bukanlah satu-satunya kandidat pengganti Lorenzo. Sebelumnya, juara dunia Moto2 2015-2016 sekaligus eks rider Yamaha dan KTM, Johann Zarco, malah lebih santer dikait-kaitkan dengan Repsol Honda karena membela LCR Honda selama tiga seri terakhir.

Meski begitu, Alex akhirnya dipilih karena merupakan dua kali juara dunia, masih muda karena masih berusia 23 tahun, dan ini sesuai dengan keinginan Honda yang mencari pebalap muda di masa mendatang.

Dari digaetnya Alex oleh Repsol Honda, ada empat catatan menarik lainnya. Apa saja sih? Berikut ulasannya.

1 dari 4

Kontrak Hanya Satu Tahun

Alex menandatangani kontrak setahun saja bersama Repsol Honda. Itu berarti, ia menjadi rider ketiga musim ini yang hanya mendapat kontrak pendek.

Sebelumnya, rider Ducati Team, Danilo Petrucci, dan rider Pramac Racing, Jack Miller juga mendapatkan perpanjangan kontrak yang akan habis pada akhir 2020.

2 dari 4

Pertama di Repsol Honda

Hadirnya Alex membuat Honda mencetak rekor baru. Untuk pertama kalinya, tim pabrikan asal Jepang itu merekrut dua rider bersaudara dalam satu tim.

Dua rider bersaudara MotoGP sebelumnya, yakn Pol dan Aleix Espargaro berada di tim yang berbeda. Aleix turun ke lintasan bersama Aprilia dan Pol membela KTM.

3 dari 4

Terkesan Cepat dan Terburu-buru

Alex resmi bergabung dengan Repsol Honda empat hari usai Lorenzo mengumumkan keputusan pensiun. Mengacu pada hal tersebut, beberapa pencinta MotoGP di seluruh dunia menganggap Honda terlalu cepat ambil keputusan.

4 dari 4

Penuh Kontroversi

Bergabungnya Alex ke tim Repsol Honda yang terkesan mendadak itu bukan tanpa kontroversi. Penggemar mulai mempertanyakan kontrak yang ia dapat. Banyak yang curiga kontrak rider berusia 23 tahun itu didapat karena ada bantuan dari sang kakak, Marc Marquez.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Hesti Puji Lestari/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 19 November 2019