FOLLOW US:


Dani Pedrosa Tolak Balapan, KTM Tunggu Berubah Pikiran

25-09-2019 13:15

 | Anindhya Danartikanya

Dani Pedrosa Tolak Balapan, KTM Tunggu Berubah Pikiran
Test rider KTM, Dani Pedrosa © KTM/Philip Platzer

Bola.net - Bukan rahasia lagi bahwa KTM sedang pusing tujuh keliling. Usai dirumitkan oleh konflik mereka dengan Johann Zarco, mereka harus mencari penggantinya musim depan, belum lagi Pol Espargaro tengah mengalami cedera retak tulang pergelangan tangan kiri dan partisipasinya di MotoGP Thailand pekan depan terancam.

Banyak pihak meyakini test rider KTM, Dani Pedrosa, adalah orang yang tepat menggantikan Zarco musim depan, dan menggantikan Espargaro di Thailand jika rider 28 tahun itu benar-benar absen. Sayang, Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer, mengaku Pedrosa telah menolak semua tawaran untuk kembali berkompetisi di trek.

"Saat Dani bergabung, kami bertanya padanya soal peluang turun sebagai pebalap wildcard. Ia dengan tegas menolak, ia mengaku bahwa ia pensiun atas alasan yang baik, dan ia sangat fokus pada uji coba. Belakangan, ia datang dalam beberapa balapan, dan kami bertanya lagi, tapi ia tetap menolak," ujar Beirer via Motorsport.

1 dari 2

Hormati Keputusan Pedrosa

Rumitnya, test rider KTM lainnya, yakni Mika Kallio, telah ditugaskan lebih dulu untuk menggantikan Zarco sejak Aragon, Spanyol, akhir pekan lalu. Atas alasan ini, Kallio tak mungkin menggantikan Espargaro. KTM pun kesulitan mencari jalan keluar, namun dapat memaklumi keputusan Pedrosa untuk tak turun balapan.

"Kami sepakat 100% dengan keputusannya. Kami membutuhkannya sebagai test rider, dan kinerjanya jauh lebih baik dari dugaan saya. Ia adalah kunci utama untuk proyek kami di masa depan. Jadi kami tak masalah atas penolakannya. Kami harus bertanya mengapa ia mau bergabung dengan kami, tapi ini bukan topik pembicaraan kami tahun ini atau tahun depan," ujar Beirer.

2 dari 2

Sulit Tolak Jika Pedrosa Ubah Pikiran

Meski begitu, Beirer akan sangat senang jika Pedrosa tiba-tiba berubah pikiran dan memutuskan untuk turun sebagai rider wildcard di masa depan, walau mengakui kemungkinannya sangat kecil.

"Dalam situasi macam itu, bakal sulit untuk menolaknya. Kami takkan meminta Dani untuk melakukannya, dan saya rasa panggilan telepon takkan berasal dari saya," pungkas Beirer.

Pedrosa bergabung dengan KTM pada akhir musim lalu, usai memutuskan pensiun dari MotoGP setelah membela Honda selama 18 tahun, yang 13 tahun di antaranya ia habiskan bersama Repsol Honda.

Sumber: Motorsport.com