FOLLOW US:


Ditolak Remy Gardner, KTM Incar Iker Lecuona untuk MotoGP 2020?

21-10-2019 09:25

 | Anindhya Danartikanya

Ditolak Remy Gardner, KTM Incar Iker Lecuona untuk MotoGP 2020?
Pebalap American Racing KTM, Iker Lecuona © AP Photo

Bola.net - Setelah Remy Gardner menyatakan penolakannya pada tawaran untuk turun di MotoGP 2020, KTM kini justru dikabarkan tengah mendekati pebalap Moto2 lainnya, Iker Lecuona. Speedweek melansir bahwa rider Spanyol tersebut berpeluang membela tim pabrikan dan bertandem dengan Pol Espargaro.

KTM memang sedang pusing tujuh keliling usai Johann Zarco meminta kontraknya diputuskan akhir tahun nanti. Mencari pebalap pengganti bukan perkara mudah, meski mereka punya dua test rider, yakni Dani Pedrosa dan Mika Kallio, serta debutan Red Bull KTM Tech 3 yang kompetitif, Miguel Oliveira.

KTM sejatinya juga pernah bernegosiasi dengan Jack Miller, yang sempat terancam terdepak dari Pramac Racing akibat Jorge Lorenzo yang ingin kembali ke Ducati. Mereka juga digosipkan mendekati Gardner, rider Australia lain yang saat ini turun di Moto2 bersama ONEXOX TKKR SAG Team.

1 dari 2

Digaet Red Bull KTM Ajo

Dalam pekan balap di Twin Ring Motegi, Jepang, akhir pekan lalu, Gardner pun membenarkan gosip tersebut, dan mengaku telah menolak tawaran KTM. Rider 21 tahun itu ingin lebih fokus mengembangkan diri di Moto2, meski yakin motor yang lebih besar seperti MotoGP akan cocok untuknya.

Hanya dua hari setelah pengakuan Gardner ini, paddock MotoGP kembali digemparkan oleh gosip baru dari kubu KTM. Menurut Speedweek, pabrikan Austria itu dikabarkan mendekati Lecuona, yang saat ini membela American Racing KTM, dan baru saja meraih podium keduanya di Buriram Thailand.

Perlu diingat, beberapa bulan lalu, Lecuona yang masih berusia 19 tahun, memang telah diumumkan bakal membela Red Bull KTM Ajo di Moto2 musim depan, menggantikan Brad Binder yang akan naik ke MotoGP bersama Tech 3.

2 dari 2

Dorna Sports Tak Mau Rider Spanyol

Uniknya, ini bertentangan dengan pernyataan CEO Dorna Sports selaku promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta, yang mengaku kelas tertinggi tak lagi membutuhkan rider Spanyol. "Kami tak butuh satu lagi rider Spanyol," ujar Ezpeleta, saat Alex Marquez digosipkan bakal membela Pramac Racing.

Sementara Pedrosa menolak untuk kembali balapan, KTM juga telah berjanji pada Tech 3 takkan menyomot Oliveira begitu saja dari mereka. Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing, Mike Leitner, pun tak menutupi bahwa Kallio adalah kandidat utama, sementara eks rider mereka, Bradley Smith, masuk pertimbangan.

Apakah Lecuona benar-benar akan naik ke MotoGP 2020 dengan tim pabrikan KTM? Kita tunggu kabar selanjutnya ya, Bolaneters!