FOLLOW US:


Dorna Resmi Pastikan Indonesia Gelar MotoGP dan WorldSBK 2021

23-02-2019 14:15
Dorna Resmi Pastikan Indonesia Gelar MotoGP dan WorldSBK 2021
Dorna Resmi Pastikan Indonesia Gelar MotoGP dan WorldSBK 2021. © AFP

Dorna Sports selaku promotor MotoGP dan WorldSBK memastikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah dua kejuaraan balap motor bergengsi tersebut di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 2021-2023 mendatang. Hal ini mereka umumkan lewat situs resmi kedua ajang terkait pada Sabtu (23/2).

Dorna dan Indonesia Tourism Development (ITDC) telah diketahui telah mencapai kesepakatan di Madrid, Spanyol pada 28 Januari lalu. Sesi penandatanganan kontrak tersesebut dihadiri oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta dan CEO ITDC, Abdulbar M. Mansoer dan disaksikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Spanyol, Drs. Hermono M.A.

"Kami sangat bersemangat bisa bekerja sama dengan Dorna dan sangat senang bisa membawa event motorsport bertaraf dunia ke Indonesia dan Mandalika di Lombok," ujar Abdulbar seperti yang dirilis MotoGP.com.

Proyek Mandalika, Lombok, diharapkan bisa menggelar MotoGP di masa mendatang. (c) MotoGP.com
Proyek Mandalika, Lombok, diharapkan bisa menggelar MotoGP di masa mendatang. (c) MotoGP.com

ITDC pun mengaku akan membangun trek berjenis street circuit dengan panjang 4,32 km yang terdiri dari 18 tikungan, dan proses pembangunan akan dimulai pada akhir tahun ini, serta diharapkan rampung pada 2020. Setelahnya, trek tersebut akan menjalani proses homologasi dari FIM.

Pernyataan resmi Carmelo Ezpeleta:"Betapa uniknya proyek ini, bisa memiliki sirkuit urban bertaraf dunia di negara di mana MotoGP memiliki penggemar yang sangat banyak. Indonesia adalah pasar kunci bagi kami dengan persentasi fans balap yang cukup tinggi, dan atmosfer MotoGP bakal lebih kuat sekalinya sirkuit ini rampung. Selain itu, dengan menambahkan Lombok dalam kalender WorldSBK, membuat tawaran ini semakin atraktif bagi penggemar lokal, karena mendapatkan dua event dunia dalam setahun."