FOLLOW US:


Ducati Beber 3 Alasan Utama Gaet Jack Miller di MotoGP 2021

28-05-2020 09:12

 | Anindhya Danartikanya

Ducati Beber 3 Alasan Utama Gaet Jack Miller di MotoGP 2021
Pebalap Pramac Racing, Jack Miller © Pramac Racing

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, membeberkan tiga alasan utama mengapa pihaknya memutuskan memindahkan Jack Miller dari Pramac Racing ke Ducati Team di MotoGP 2021. Hal ini ia sampaikan via wawancaranya dengan MotoGP.com, Kamis (28/5/2020).

Sejak tahun lalu, Miller diketahui menjadi salah satu kandidat rider tim pabrikan Ducati, namun ia bersaing dengan Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Marc Marquez, yang akhirnya kompak menolak tawaran Ducati dan memilih bertahan dengan pabrikan masing-masing.

Setelah ditolak ketiga rider tersebut, Ducati mulai menyadari bahwa Miller, yang telah membela Pramac sejak 2018, adalah kandidat paling tepat. Ducati pun ingin mengevaluasi performanya pada beberapa seri pertama 2020, namun mustahil akibat pandemi virus corona.

1 dari 3

Alasan Pertama: Tenggat Waktu

Alasan Pertama: Tenggat Waktu
Pebalap Pramac Racing, Jack Miller. © Pramac Racing

Akibat musim balap 2020 yang tertunda, maka Ducati pun harus mengambil keputusan sesegera mungkin, yakni sebelum balapan pertama rencananya digelar pada pertengahan Juli nanti. Ciabatti pun mengakui pihaknya tak bisa menunggu selama itu untuk menentukan line up-nya.

"Jack memang sejak awal menjadi kandidat pebalap tim pabrikan sejak kami mulai membicarakan masa depan akhir tahun lalu. Jelas pada awalnya kami ingin menunggu beberapa balapan pertama demi mengevaluasi situasi dan mengambil keputusan terbaik," tuturnya.

"Tapi akibat pandemi ini, kami tak mungkin memulai musim seperti biasanya. Jadi, jika kami menunggu sampai Juli untuk ambil keputusan, maka bakal sangat terlambat. Atas alasan ini, kami harus ambil keputusan berdasarkan beberapa pertimbangan," lanjut pria Italia ini.

2 dari 3

Alasan Kedua dan Ketiga: Usia dan Progres

Pertimbangan tersebut adalah fakta bahwa Miller masih berusia 25 tahun namun sudah berpengalaman di MotoGP, karena ia telah naik ke kelas tertinggi sejak 2015. Selain itu, rider Australia ini juga sukses membuktikan performanya dengan meraih lima podium sepanjang 2019.

"Usia adalah salah satu pertimbangan kami, karena Jack masih muda, baru berusia 25 tahun meski sudah lima tahun turun di MotoGP," ungkap Ciabatti, mengingat Miller melompat langsung dari Moto3 ke MotoGP pada 2015 dengan mengantongi kontrak tiga tahun dari Honda.

"Selain itu, kami melihat progresnya tahun lalu, dan kami yakin ia masih punya ruang untuk berkembang lebih jauh lagi. Pada akhirnya, kami memutuskan bahwa Jack merupakan kandidat yang tepat demi membawa energi baru ke tim pabrikan pada 2021," pungkasnya.

3 dari 3

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa