FOLLOW US:


Efek Domino Vinales: Jake Dixon Resmi Gantikan Franco Morbidelli di MotoGP Inggris

20-08-2021 20:35

 | Anindhya Danartikanya

Efek Domino Vinales: Jake Dixon Resmi Gantikan Franco Morbidelli di MotoGP Inggris
Pembalap Petronas Sprinta Racing, Jake Dixon © Petronas SRT

Bola.net - Pembalap Petronas Sprinta Racing Moto2, Jake Dixon, akan menjalani debut MotoGP dalam seri kandangnya, yakni Seri Inggris di Sirkuit Silverstone pada 27-29 Agustus. Dixon diminta membela Petronas Yamaha SRT, sebagai pengganti Franco Morbidelli yang saat ini tengah menjalani pemulihan cedera lutut cukup parah.

Morbidelli menjalani operasi pada akhir Juni lalu dan absen sejak Seri Belanda. Ia diperkirakan baru akan kembali di MotoGP San Marino, 17-19 September. Dalam Seri Styria dan Austria, rider Italia ini digantikan test rider Yamaha, Cal Crutchlow. Crutchlow sejatinya dijadwalkan membela SRT lagi di Silverstone, tapi rencana ini diubah.

Crutchlow mendadak dipindahkan ke Monster Energy Yamaha di seri tersebut, usai Yamaha memutuskan kontrak Maverick Vinales dengan efek langsung terhitung mulai Jumat (20/8/2021). Dengan begitu, SRT harus merelakan Crutchlow pergi, dan meminta Dixon untuk naik ke MotoGP bersama mereka untuk sementara.

1 dari 2

MotoGP Sudah Jadi Target Hidup

MotoGP Sudah Jadi Target Hidup
Pembalap Petronas Sprinta Racing, Jake Dixon © Petronas SRT

Dixon, yang kini berusia 25 tahun, tengah menjalani musim ketiganya di Moto2, dan berpengalaman mengendarai motor berkapasitas mesin besar di ajang British Superbike (BSB). Ia bahkan sukses menjadi runner up pada 2018, di belakang rider berpengalaman, Leon Haslam.

"Sudah menjadi target hidup saya untuk turun di kelas MotoGP. Jadi, mendapatkan kans melakukannya dalam satu seri tahun ini, di atas motor yang selalu saya ingin kendarai, Yamaha YZR-M1, dan melakukannya di rumah sendiri, adalah hal yang sangat spesial," ungkap Dixon lewat rilis resmi SRT.

"Balapan nanti bakal sangat sulit, namun saya tak sabar mengendarai motor besar, meski bakal sangat berbeda sekaligus menyenangkan! Saya tak bisa tidur nyenyak karena saya terus-terusan memikirkannya. Ini adalah impian jadi nyata," ungkap rider yang juga sahabat Fabio Quartararo ini.

2 dari 2

Tak Punya Target Muluk, Cuma Cari Pengalaman

Dixon mengaku tak punya target hasil yang muluk, dan sekadar ingin menggali pengalaman di kelas para raja. "Saya akan berusaha mengerahkan yang terbaik untuk tim, dan saya ingin berterima kasih banyak kepada mereka atas kesempatan ini, begitu juga pada Yamaha yang telah percaya kepada saya," tuturnya.

"Saya tak punya target apa pun, hanya ingin bersenang-senang, dan mengumpulkan semua pengalaman. Saya juga mengharapkan yang pemulihan yang cepat untuk Franco dan semoga ia segera kembali ke trek," pungkas Dixon, yang sudah membela Petronas Sprinta Racing sejak 2020 ini.

SRT belum menentukan pengganti Morbidelli di Seri Aragon. Namun, rider Petronas Sprinta Racing Moto3, Darryn Binder, diisukan akan dapat kans ini. Binder, 23 tahun, juga menjadi kandidat utama rider SRT untuk MotoGP 2022, berpotensi mengikuti jejak Jack Miller yang langsung melompat dari Moto3 ke MotoGP pada 2015 lalu.

Sumber: Petronas Yamaha SRT