FOLLOW US:


Fabio Quartararo, Korban Ban Lunak Michelin Selanjutnya di MotoGP Qatar

30-03-2021 09:23

 | Anindhya Danartikanya

Fabio Quartararo, Korban Ban Lunak Michelin Selanjutnya di MotoGP Qatar
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo © Yamaha

Bola.net - Tenyata, tak hanya Valentino Rossi dan Jack Miller yang dibingungkan oleh performa ban belakang lunak Michelin dalam MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada Minggu (28/3/2021) lalu. Fabio Quartararo mengaku heran juga karena ia mengalami hal yang sama, padahal ia sudah berkendara sehalus mungkin pada awal balapan.

Seluruh pembalap MotoGP menggunakan ban lunak baik depan maupun belakang. Rossi, Miller, dan Quartararo menjalani start dengan baik, dan bertarung di kelompok terdepan. Meski begitu, selepas start, mereka berkendara dengan cara yang konservatif demi menghemat usia ban agar bisa menyerang pada paruh kedua balapan.

Nyatanya, saat mulai menyerang pada pertengahan balap, mereka justru kehilangan grip karena ban belakang sudah aus. Quartararo, yang start kedua, hanya finis di posisi 5, sementara Miller dan Rossi masing-masing finis di posisi 9 dan 12. Uniknya, tandem Quartararo di Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, justru sukses menang.

1 dari 3

Maverick Vinales Ada di Liga Berbeda

Maverick Vinales Ada di Liga Berbeda
Fabio Quartararo dan Maverick Vinales © Yamaha

"Saya agak kesulitan seperti Vale. SIni memang agak aneh. Saya kuat sejak awal, dan sekalinya menyalip Jack, saya bisa cepat mengejar Johann. Namun, ban belakang drop drastis, dan ini tak terduga, karena di uji coba dan latihan, saya tak pernah mengalami ini. Saat Maverick menyalip, ia benar-benar di liga berbeda. Ia punya grip lebih banyak dari kami," kisah El Diablo via Crash.net.

Quartararo juga menyatakan, saat ia menyalip pada Lap 6, ia tak melakukan manuver kelewat ngotot dan berkendara dengan sangat halus, hingga ia juga tak perlu mati-matian 'membakar' bannya. Tapi rider Prancis heran karena saat Vinales menyalipnya pada Lap 11, ia terlihat memforsir ban namun justru awet sampai finis dan bahkan menang.

"Untungnya, saya punya perasaan yang baik dengan ban depan, jadi bisa mencatat waktu dengan cara berbeda. Kini saya ingin melihat data bagaimana Maverick menjalankan lap pertama, apakah ia lebih halus dari kami atau lainnya. Saya sendiri merasa berkendara halus pada awal balapan, tapi sayangnya tetap mengalami drop," lanjutnya.

2 dari 3

Tetap Puas Finis Kelima

Meski diherankan oleh masalah ban belakang, Quartararo mengaku tetap menganggap hasil finis kelima ini sebagai hasil yang baik. Menurutnya, dengan perasaan berkendara yang tak nyaman, hasil ini bisa dianggap hasil positif. Apalagi jika mengingat tahun lalu, saat ia kerap terlempar dari 10 besar tiap kali tak nyaman dengan motornya.

"Saya senang karena tahun lalu, kesalahan yang terjadi adalah ketika tak merasa nyaman, kami hanya finis di P14 atau kecelakaan. Sekarang, tak nyaman pun kami bisa finis di P5. Jadi, ini poin yang baik untuk klasemen dalam hari yang berat seperti ini. P5 dan hanya tiga detik dari Maverick. Hasil ini tidak buruk," tutupnya.

Quartararo, yang akan menginjak usia 22 tahun pada 20 April 2021 mendatang, akan kembali berlaga dalam MotoGP Doha, yang juga digelar di Sirkuit Losail, pada 2-4 April mendatang.

Sumber: Crashnet

3 dari 3

Video: Maverick Vinales Sukses Menangi MotoGP Qatar 2021