FOLLOW US:


Gantikan Oliveira, Lecuona Debut MotoGP Lebih Awal di Valencia

08-11-2019 08:50

 | Anindhya Danartikanya

Gantikan Oliveira, Lecuona Debut MotoGP Lebih Awal di Valencia
Pebalap American Racing KTM, Iker Lecuona © AP Photo

Bola.net - KTM secara resmi mengumumkan bahwa rider American Racing KTM Moto2, Iker Lecuona, akan menjalani debut MotoGP lebih awal. Rider berusia 19 tahun tersebut diminta untuk membela Red Bull KTM Tech 3 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada 15-17 November, menggantikan Miguel Oliveira yang cedera bahu kanan.

Di Australia, Lecuona diumumkan naik ke MotoGP bersama Tech 3 pada 2020. Pada pekan balap yang sama, Oliveira mengalami kecelakaan hebat di latihan keempat. Insiden ini menyebabkan kerusakan tendon di kedua pergelangan tangan, dan kerusakan ligamen pada bahunya sejak kecelakaan di Silverstone kian buruk.

Oliveira pun sukses menjalani operasi pada Minggu (3/11/2019) lalu di Austria, dan dipastikan absen di seri penutup dan seluruh uji coba pascamusim. Ia baru akan kembali dalam uji coba pramusim di Sepang, Malaysia, pada 2-4 dan 7-9 Februari 2020.

1 dari 2

Digantikan Sean Dylan Kelly

Dengan absennya Oliveira, dan fakta bahwa Lecuona tak terlibat dalam perebutan gelar bergengsi apa pun di Moto2, KTM pun menunjuk Lecuona untuk menggantikan Oliveira di Valencia. Dengan begitu, rider Spanyol ini akan menjalani debut MotoGP lebih awal, dan berkesempatan menjajal RC16 untuk pertama kali.

Sementara itu, tempat Lecuona di American Racing KTM akan diambil alih sementara oleh rider Amerika Serikat yang juga rider Supersport MotoAmerica dan eks rider Red Bull Rookies Cup, Sean Dylan Kelly. Musim depan, tempat Lecuona pun diisi oleh Marcos Ramirez, yang saat ini masih turun di Moto3.

Selanjutnya, Lecuona akan ikut menjalani uji coba pascamusim MotoGP Valencia pada 19-20 November, serta Jerez pada 25-26 November. Musim depan, ia akan menggantikan tempat Hafizh Syahrin di Tech 3, bertandem dengan Oliveira.

2 dari 2

Pernyataan Resmi Iker Lecuona

"Mendapatkan kesempatan ini di seri kandang saya adalah momen membanggakan. Kami harus menikmati pengalaman indah ini, tapi yang utama adalah belajar sebanyak mungkin untuk masa depan.

"Semua ini takkan bisa terwujud tanpa bantuan dan dukungan dari Herve Poncharal (bos Tech 3), begitu juga Eitan Butbul (bos American Racing), dan kru menakjubkan dari American Racing, yang membantu saya untuk berkembang sebagai pebalap dan manusia.

"Saya juga ingin mengharapkan pemulihan terbaik untuk Miguel Oliveira, yang akan jadi tandem saya musim depan. Saya akan mencoba memberikan yang terbaik di Valencia, seperti yang selalu saya lakukan."