FOLLOW US:


Garrett Gerloff Akui Tak Pernah Diajak Gabung Petronas Yamaha SRT

26-07-2021 11:34

 | Anindhya Danartikanya

Garrett Gerloff Akui Tak Pernah Diajak Gabung Petronas Yamaha SRT
Pembalap GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff © Yamaha Motor Europe

Bola.net - Pembalap GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff, menegaskan dirinya tak pernah mendapatkan tawaran dari Petronas Yamaha SRT untuk pindah ke MotoGP pada 2022 mendatang. Hal ini ia sampaikan kepada Autosport, Jumat (23/7/2021), di sela pekan balap WorldSBK Belanda di Sirkuit Assen.

Seperti yang diketahui, Petronas SRT kini pusing karena terancam ditinggalkan kedua ridernya. Franco Morbidelli kini jadi kandidat kuat pengganti Maverick Vinales di Monster Energy Yamaha, dan Valentino Rossi sudah memberi sinyal kuat akan pensiun meski belum memberi pengumuman.

Tim asal Malaysia itu mengincar rider Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, dan rider Turki ini membenarkan kabar tersebut. Di lain sisi, Petronas SRT juga dikabarkan mengincar Gerloff, apalagi rider Amerika Serikat ini baru saja jadi pengganti Morbidelli yang cedera lutut di MotoGP Assen pada akhir Juni.

1 dari 3

Hanya Dapat Satu Tawaran

Hanya Dapat Satu Tawaran
Garrett Gerloff saat membela Petronas Yamaha SRT di MotoGP Assen 2021. © Petronas SRT

Namun, nyatanya Razgaltlioglu dan Gerloff justru tanda tangan kontrak baru dengan Yamaha Motor Europe untuk bertahan di WorldSBK, masing-masing berdurasi dua dan satu tahun. Alhasil, opsi pembalap yang diincar Petronas SRT untuk MotoGP 2022 pun kian menipis.

Meski begitu, Gerloff menyatakan bahwa dirinya justru tak pernah dapat tawaran dari Petronas SRT. "Saat ini saya tak punya tawaran apa pun. Maksud saya, jelas ini keputusan yang sulit diambil oleh semua tim. Tapi tidak, saya dapat tawaran WorldSBK dari Yamaha dan itulah satu-satunya tawaran," ungkapnya.

"Saya lebih dari sekadar bahagia untuk menerima tawaran itu, karena saya merasa sangat senang dengan Yamaha dan sangat senang bersama GRT. Mengingat itu satu-satunya tawaran yang saya punya, maka saya senang menerimanya," lanjut pembalap berusia 25 tahun ini.

2 dari 3

Ada Klausul Khusus untuk MotoGP

Ada Klausul Khusus untuk MotoGP
Pembalap GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff © Yamaha Racing

Meski begitu, Autosport juga mengabarkan bahwa kontrak baru Gerloff dengan Yamaha Motor Europe memiliki klausul khusus yang akan mengizinkannya melepas kesepakatan mereka jika ia mendapatkan tawaran untuk ke MotoGP tahun depan.

Gerloff merantau ke Eropa usai menjuarai MotoAmerica kelas supersport pada 2016 dan 2017, prestasi yang membuatnya naik ke kelas Superbike pada 2018 dan duduk di peringkat ketiga pada 2019. Hasil ini membuatnya dilirik oleh Yamaha Motor Europe untuk diturunkan di WorldSBK 2020 bareng GRT Yamaha WorldSBK.

Dalam debutnya di WorldSBK, ia pun langsung memukau dengan meraih tiga podium. Tahun ini, dalam lima seri perdana, ia tampil lebih kompetitif dan sudah meraih dua podium. Kini ia duduk di peringkat keenam pada klasemen pembalap dengan koleksi 105 poin.

Sumber: Autosport

3 dari 3

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022