FOLLOW US:


George Russell Jadi Pengganti Sementara Lewis Hamilton di Formula 1 GP Sakhir

02-12-2020 14:50
George Russell Jadi Pengganti Sementara Lewis Hamilton di Formula 1 GP Sakhir
Pembalap Williams Racing, George Russell © AP Photo

Bola.net - Pembalap Williams Racing, George Russell, resmi ditunjuk membela Mercedes AMG Petronas di Formula 1 GP Sakhir, Bahrain, 4-6 Desember 2020, sebagai pengganti sementara bagi sang juara dunia, Lewis Hamilton, yang positif terinfeksi Covid-19.

Kabar soal kondisi kesehatan Hamilton ini diumumkan pertama kali pada Selasa (1/12/2020). Pekan lalu, ia dites sebanyak tiga kali dan semua menunjukkan hasil negatif. Namun, pada Senin (30/11/2020), pembalap asal Inggris berusia 35 tahun ini bangun tidur dengan gejala ringan.

Saat yang sama, ia dapat informasi bahwa sebelum tiba di Bahrain, ia melakukan kontak dengan seseorang yang juga positif Covid-19. Hari itu juga, Hamilton menjalani dua tes PCR dan keduanya menunjukkan hasil positif. Ia pun harus menjalani isolasi mandiri dan absen akhir pekan nanti.

1 dari 3

Kalahkan 3 Kandidat Lainnya

Kalahkan 3 Kandidat Lainnya
Lewis Hamilton memegang helm balap Michael Schumacher. © AP Photo

Dua pembalap cadangan Mercedes, Stoffel Vandoorne dan Esteban Gutierrez, sempat dipertimbangkan sebagai pengganti Hamilton, begitu juga Nico Hulkenberg yang tiga kali balapan untuk Racing Point tahun ini untuk jadi pengganti sementara Sergio Perez dan Lance Stroll.

Namun, tim yang bermarkas di Brackley, Inggris, ini akhirnya memilih Russell, yang selama dua tahun terakhir membela Williams Racing. Russell sendiri merupakan pembalap junior Mercedes dan sudah dapat dukungan dari Silver Arrows selama menjalani karier sebagai pembalap.

Di lain sisi, posisi Russell di Willams akan digantikan sementara oleh sang pembalap cadangan, Jack Aitken. Berikut pernyataan resmi Russell lewat situs resmi F1.

2 dari 3

Pernyataan Resmi George Russell

"Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada semua orang di Williams, yang memberikan kesempatan ini kepada saya. Saya memang akan mengenakan baju balap yang berbeda akhir pekan ini, tapi saya merupakan pembalap Williams dan saya akan tetap menyemangati tim saya di setiap langkah mereka.

"Saya melihat ini sebagai kesempatan besar untuk belajar dari tim terbaik di grid saat ini, dan kembali sebagai pembalap yang mengalami kemajuan, dengan energi dan pengalaman lebih banyak demi membantu Williams mencapai grid yang lebih baik. Terima kasih juga kepada Mercedes yang telah menaruh kepercayaan kepada saya.

"Jelas, tak ada orang yang bisa menggantikan Lewis, namun saya akan mengerahkan segalanya bagi timnya selama ia absen sejak saya masuk ke dalam mobil. Yang paling penting, saya mengharapkan pemulihan yang cepat baginya. Saya siap menyambut kesempatan ini dan tak sabar untuk turun lintasan pekan ini."

Sumber: Formula 1

3 dari 3

Video: Aron Canet Lolos dari Maut Saat Terjatuh di Moto2 Portugal 2020