Honda: Silverstone Bukti Gaet Pol Espargaro Memang Tepat

Anindhya Danartikanya | 31 Agustus 2021 12:40
Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, melontarkan pujian untuk sang rider, Pol Espargaro, yang tampil apik sepanjang pekan balap MotoGP Silverstone, Inggris. Apalagi, pembalap Spanyol itu sukses finis kelima dalam balapan yang digelar pada Minggu (29/8/2021), yakni hasil terbaiknya sejak pindah ke Honda.

Selama ini, Polyccio harus jatuh bangun dalam beradaptasi dengan RC213V. Hasil terbaiknya sejauh ini hanyalah finis kedelapan di Seri Qatar dan Prancis. Dalam dua balapan terakhir, yakni di Seri Styria dan Austria, ia bahkan finis ke-16 dan gagal meraih poin. Namun, ia justru mengalami lonjakan performa di Silverstone.

Juara dunia Moto2 2013 itu tampil sangat menjanjikan sejak sesi latihan. Tak hanya mencatat waktu yang cepat, ia juga meraih ritme balap yang konsisten. Dalam sesi kualifikasi, ia bahkan menggebrak dengan merebut pole. Namun, Espargaro dan Repsol Honda tak jemawa. Meski dapat pole, mereka tak membidik podium.

1 dari 2 halaman

Titik Balik yang Sangat Penting

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Espargaro pun start dengan baik, langsung memimpin sejak awal. Namun, pada Lap 5, ia tersalip Fabio Quartararo. Sayang, pada pertengahan balap, pemilihan ban belakang lunak jadi tampak salah bagi Espargaro, karena degradasi gripnya cukup parah. Pada Lap 15, ia akhirnya disalip Jack Miller dan harus legawa finis kelima.

"Ini titik balik yang sangat penting bagi Pol. Ia mengalami kemajuan besar dibanding yang ia lakukan sejauh ini pada 2021. Caranya menghadapi balapan sangat baik dan ia menunjukan potensi yang sesungguhnya. Pol memang rider yang bisa bertarung di posisi-posisi ini," tutur Puig lewat situs Honda Racing, Senin (30/8/2021).

"Targetnya adalah menjalani balapan dengan baik, dan kami memang tak mencari podium. Jika start dari pole, biasanya target Anda adalah podium, namun kali ini tidak. Ban belakang Pol mengalami drop parah, mungkin pilihan ban lunak tidaklah tepat. Tapi yang terpenting ia kembali cepat dan menjalani pekan balap yang baik," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Ingin Pol Espargaro Pertahankan Momentum di Aragon

Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig (c) Honda Global

Puig pun menyatakan bahwa performa Espargaro di Silverstone ini adalah bukti dan alasan nyata mengapa Honda Racing Corporation (HRC) sangat getol menggaetnya musim ini. Kini, ia pun berharap pembalap berusia 30 tahun itu mampu melanjutkan momentum di seri kandangnya, MotoGP Aragon, 10-12 September nanti.

"Sisi positif dari pekan balap kali ini adalah Pol kembali ke levelnya yang asli, dan itulah alasan kami memintanya bergabung dengan HRC. Menakjubkan menonton balapan Pol. Ia mencoba bertahan di depan pada lap-lap pertama dan berkendara dengan baik demi mempertahankan posisi dari para rivalnya dan bertahan sampai finis," ujar Puig.

"Kami harap mulai sekarang ia bisa melanjutkan cara ini dan terus mencari progres. Kami sangat bahagia untuknya, karena musim ini sulit baginya. Ia layak dapat hasil baik. Ia bekerja fantastis dalam kualifikasi dan meraih pole. Meski tak membidik podium, ia mampu mengalami kemajuan penting dan kembali ke performanya yang lama," tutupnya.

Sumber: Honda Racing

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR