FOLLOW US:


Honda Tak Ramah pada Pembalap, LCR Pusing Cari Pengganti Cal Crutchlow

17-09-2020 16:10
Honda Tak Ramah pada Pembalap, LCR Pusing Cari Pengganti Cal Crutchlow
Rider LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow © LCR Honda

Bola.net - Manajer Tim LCR Honda MotoGP, Lucio Cecchinello, mengaku pusing mencari pengganti untuk Cal Crutchlow yang saat ini tengah cedera lengan, mengingat test rider Honda, Stefan Bradl, saat ini sudah telanjur menggantikan Marc Marquez yang sedang cedera patah tulang lengan. Hal ini ia sampaikan via Sky Sport, Rabu (16/9/2020).

Crutchlow diketahui menjalani operasi besar pada lengan kanannya pekan lalu akibat cedera arm pump. Kondisinya pun tak memungkinkan untuk dipakai balapan. Alhasil, usai berkendara pada sesi FP1 dan FP2 MotoGP San Marino di Misano, Crutchlow memutuskan absen pada Sabtu (12/9/2020).

Menurut regulasi MotoGP, tim baru boleh menurunkan pengganti rider yang cedera 10 hari usai rider itu absen, hingga LCR hanya menurunkan Takaaki Nakagami di Seri Emilia Romagna akhir pekan nanti. Meski begitu, LCR tetap harus menyiapkan pengganti untuk jaga-jaga andai Crutchlow juga absen dari MotoGP Catalunya, Spanyol, 25-27 September nanti.

1 dari 3

Dilarang Pinjam Alvaro Bautista dari WorldSBK

Dilarang Pinjam Alvaro Bautista dari WorldSBK
Pembalap Team HRC WorldSBK, Alvaro Bautista dan Leon Haslam © HRC

Cecchinello sudah memohon Honda Racing Corporation (HRC) meminjamkan Alvaro Bautista dari Team HRC di WorldSBK, namun para petinggi menolak karena rider Spanyol itu wajib fokus pada proyek baru CBR1000RR-R. "Kami coba minta Alvaro Bautista, tapi Honda ingin ia tetap fokus pada program WorldSBK," keluh Cecchinello.

"Mereka tak mau menaruh Alvaro dalam risiko cedera saat menggantikan Cal. Di lain sisi, tidak mudah bagi orang baru untuk mengendarai motor ini, lihat saja Alex Marquez (Repsol Honda), yang merupakan juara dunia, tapi saat naik RCV jadi ada di belakang," lanjutnya seperti yang dikutip Corsedimoto.

Keinginan Cecchinello meminjam Bautista sejatinya cukup masuk akal, karena ia memang pernah membela Suzuki, Honda, dan Ducati di MotoGP. Di lain sisi, jika mencari rider lain yang tak pernah mengendarai RC213V, maka LCR bisa menghadapi risiko rider tersebut celaka dan meraih hasil buruk.

2 dari 3

Keluhkan Honda yang Tak Ramah pada Rider Lain

"Sudah jelas pernyataan bahwa Honda sulit dikendalikan bakal ditepis jika yang mengendarainya adalah seorang debutan. Tapi kami memang harus cari pembalap pengganti, kemungkinan juga untuk Barcelona. Kami sendiri terus melakukan kontak dengan Cal, siapa tahu ia bisa kembali lebih awal," ungkap Cecchinello.

Eks pembalap GP125 ini pun mensinyalir bahwa Honda harus mulai memikirkan arah pengembangan RC213V agar tak hanya cocok untuk Marc Marquez, namun juga cocok untuk para rider Honda lainnya, termasuk para rider LCR. Cecchinello juga mengeluhkan sikap diam Honda yang melepas Dani Pedrosa ke KTM begitu saja pada akhir 2018 lalu.

"Marc unik, mustahil meniru setupnya, bahkan bagi Alex. Bagian belakang motornya sangat rendah, dan cukup tinggi di depan. Rider lain punya setup berbeda. Test rider dengan level yang jauh lebih tinggi mungkin dibutuhkan. Alberto Puig (Manajer Tim Repsol Honda) menawarkan jabatan ini pada Dani, tapi Dani butuh petualangan baru," pungkasnya.

Sumber: Sky Sport/Corsedimoto

3 dari 3

Video: Momen Franco Morbidelli Raih Kemenangan Perdana di MotoGP San Marino