FOLLOW US:


Jack Miller Beri Tribut untuk Cal Crutchlow, Dapat 'Amanah' Jadi Penerus di MotoGP

20-11-2020 10:57

 | Anindhya Danartikanya

Jack Miller Beri Tribut untuk Cal Crutchlow, Dapat 'Amanah' Jadi Penerus di MotoGP
Pembalap Pramac Racing, Jack Miller © Pramac Racing

Bola.net - Pembalap Pramac Racing, Jack Miller, memberikan tribut kepada sang sahabat sekaligus rider LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow, yang pensiun dari MotoGP akhir musim ini. Hal ini ia sampaikan dalam jumpa pers di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, Kamis (19/11/2020) yang juga dihadiri oleh Crutchlow dan beberapa pembalap lain.

Crutchlow pindah dari WorldSBK ke MotoGP pada 2011, pernah membela Monster Yamaha Tech 3, Ducati Team, dan LCR Honda. Rider Inggris ini menjalin persahabatan dengan Miller sejak 2015, yakni tahun pertama JackAss di kelas para raja, dan kebetulan jadi rekan setim Crutchlow di LCR Honda.

Sejak itu, mereka tak terpisahkan, bahkan ketika Miller pindah ke Marc VDS pada 2016 dan Pramac Racing pada 2018. Miller bisa dibilang sebagai anggota keluarga Crutchlow sendiri. Sebagai bukti, Crutchlow menyediakan kamar khusus untuk Miller di rumahnya yang ada di Isle of Man.

1 dari 3

Sedih Cal Crutchlow Sering Diremehkan

"Mewakili diri saya sendiri dan semua orang, saya rasa kita semua bisa berterima kasih kepada Cal atas segala hal yang ia lakukan di dalam maupun di luar trek. Saya rasa ia telah menjadi duta yang baik untuk olahraga ini. Ia merupakan salah satu rider yang bekerja paling keras di paddock," ujar Miller seperti yang dikutip Crash.net.

Sepanjang kariernya di MotoGP, Crutchlow mengoleksi 19 podium, termasuk tiga kemenangan. Ia merupakan sosok yang tak kalah penting dibanding Marc Marquez dalam pengembangan motor RC213V milik Honda. Miller pun mengaku sedih tiap kali sahabatnya itu diremehkan oleh banyak orang.

"Sering kali saya merasa ia lebih diragukan dari rider-rider lain, tapi sekalinya ia diremehkan, ia selalu mampu 'comeback' dan membuktikan mereka salah. Hal terbaik soal Cal adalah ia tak pernah malu-malu bilang ia telah membuktikan Anda salah. Kita pasti merindukannya, tapi ia pasti takkan pergi jauh-jauh!" ujar Miller.

2 dari 3

Ingin Jack Miller Tetap Blak-blakan

Ingin Jack Miller Tetap Blak-blakan
Pembalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow © Facebook/LCR Honda

Crutchlow, yang musim depan bakal menjabat sebagai test rider Yamaha, juga dikenal sebagai rider yang blak-blakan dan bersikap apa adanya. Rider 35 tahun ini pun ingin Miller jadi 'penerus' dalam hal ini, mengingat rider Australia itu juga blak-blakan. "Saya akan menyerahkan tongkat estafet kepada Jack," ungkap Crutchlow.

"Saya ingin ia tak terlalu politis, harus jadi dirinya sendiri. Saya rasa ia sudah belajar dan telah bekerja dengan baik. Saya tak menyesali apa yang sudah saya lakukan dan katakan. Tapi saya orang yang apa adanya, jujur, dan tulis. Rider lain juga begitu, tapi mungkin mereka mengatakannya dengan cara berbeda," tutupnya.

Menjelang MotoGP Portugal akhir pekan ini, Miller dan Crutchlow masing-masing tengah berada di peringkat 8 dan 18 pada klasemen pembalap, dengan koleksi 112 dan 29 poin.

Sumber: Crashnet

3 dari 3

Video: Juarai MotoGP 2020, Joan Mir Akhiri Puasa Gelar 20 Tahun Suzuki