FOLLOW US:


Jalani Debut MotoGP di Jerez, Darryn Binder: Saya Senyum Sepanjang Hari!

19-11-2021 11:05

 | Anindhya Danartikanya

Jalani Debut MotoGP di Jerez, Darryn Binder: Saya Senyum Sepanjang Hari!
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder © MotoGP.com

Bola.net - Darryn Binder tak pelak lagi salah satu debutan MotoGP 2022 yang paling disorot pada hari pertama uji coba pascamusim di Jerez, Spanyol, Kamis (18/11/2021). Pasalnya, pembalap yang membela WithU Yamaha RNF MotoGP Team ini merupakan debutan yang melompat langsung dari Moto3, seperti halnya Jack Miller pada 2015.

Dalam uji coba ini, rider yang akrab disapa 'Daz' tersebut mengendarai YZR-M1 spek pabrikan 2021, tak seperti rider Yamaha lain yang menggunakan spek pabrikan 2022. Ia juga hanya fokus dalam menjalani adaptasi dengan tenaga mesin, ban, dan bahan bakar. Ia tak menjajal berbagai setup, juga tak memakai rear ride-height device.

Adik Brad Binder ini pun menduduki posisi 27 pada daftar catatan waktu, 4,436 detik lebih lamban dari rider tercepat, yakni rider LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami. Namun, Binder tak merasa gundah karena ini baru uji coba pertamanya, dan ia harus menjalani proses adaptasi yang sangat masif usai turun di Moto3.

1 dari 2

Naik Motor MotoGP Itu Impian!

Naik Motor MotoGP Itu Impian!
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder © MotoGP.com

"Hari yang sangat menakjubkan. Sebuah impian bisa naik motor MotoGP, dan hari ini saya dapat kesempatan pertama. Saya memulai segalanya dengan sangat pelan, secara bertahap, dan tenaganya sungguh mengagumkan! Saya tersenyum sepanjang hari. Sayangnya kami tak menjalani jumlah lap yang saya mau," ujar Binder via Crash.net.

Pembalap berusia 23 tahun ini menyatakan ada masalah teknis pada M1 miliknya. Ia dan krunya juga memilih berkendara saat treknya dalam suhu ideal. "Kami mengalami sedikit masalah pada motor dan juga dengan temperatur. Itulah masalah utamanya. Anda tak bisa memulai sesi terlalu awal," ungkapnya.

"Tapi Anda juga tak bisa berkendara terlalu terlambat. Jadi, saya pilih main aman dan turun lintasan ketika suhunya oke! Tapi kami melakukannya secara bertahap, pelan-pelan. Motor saya sangat menyenangkan dikendarai, saya hanya harus membiasakan diri pada tenaganya dan belajar sebanyak mungkin," lanjut Binder.

2 dari 2

Dapat Tips dan Nasihat dari Andrea Dovizioso

Pembalap Afrika Selatan ini juga dapat saran dari sang kakak. Namun, mengingat Brad Binder mengendarai KTM, maka 'Daz' lebih memilih mendengarkan saran tandemnya yang juga merupakan rider gaek sekaligus tiga kali runner up MotoGP, Andrea Dovizioso. "Saya ngobrol dengan Dovi saat makan siang," kisahnya.

"Ia memberi beberapa tips dan nasihat. Hal utama yang ia katakan adalah, 'pergilah ke trek, menjalani banyak lap, lakukan dengan santai, dan kemudian kembangkan'. Ia memberi saya beberapa ide dalam mengendarai motor ini dan soal apa yang saya butuhkan. Namun, hal terpenting yang saya butuhkan sekarang adalah waktu," tutup Binder.

Binder akan kembali turun lintasan pada hari kedua uji coba Jerez pada Jumat (19/11/2021). Setelahnya, ia akan rehat selama dua bulan, sebelum menjalani uji coba pramusim 2022 dengan jadwal berikut ini:

  • 31 Januari-2 Februari: Sepang, Malaysia (shakedown)
  • 5-6 Februari: Sepang, Malaysia
  • 11-13 Februari: Mandalika, Indonesia

Sumber: Crashnet