FOLLOW US:


Joan Mir Harus Tunggu Kesalahan Rider Lain demi Podium di Aragon

14-09-2021 10:19

 | Anindhya Danartikanya

Joan Mir Harus Tunggu Kesalahan Rider Lain demi Podium di Aragon
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir © AP Photo

Bola.net - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, sukses finis ketiga di MotoGP Aragon, Spanyol, Minggu (12/9/2021), yakni podiumnya yang kelima musim ini. Namun, kepada Autosport, ia mengaku tak terlalu puas atas hasil ini karena ia merasa bisa ikut memperebutkan kemenangan dengan Pecco Bagnaia dan Marc Marquez.

Masalah Suzuki pada lap tunggal memang tampaknya belum hilang, hingga performa kualifikasi Mir dan Alex Rins tak memuaskan. Dalam balapan ini, Mir start dari posisi 7 dan harus susah payah memperbaiki posisi. Pada lap pertama ia bahkan hanya naik dua posisi, sulit menyalip Jack Miller dan Aleix Espargaro.

Mir baru naik ke posisi ketiga usai Miller melakukan kesalahan pada Lap 11 dan Espargaro melebar pada lap berikutnya. Sayangnya, kala itu ia sudah tertinggal jauh dari Bagnaia dan Marquez yang berebut kemenangan di depan. Ia pun sangat kecewa karena ritmenya sangat baik meski performa GSX-RR miliknya tak ideal.

1 dari 2

Ritme Balap Mirip Ritme Bagnaia-Marquez

Ritme Balap Mirip Ritme Bagnaia-Marquez
Marc Marquez, Pecco Bagnaia, dan Joan Mir © AP Photo

"Saya tak terlalu puas atas hasil finis ketiga. Saya rasa, sepanjang akhir pekan ini kami menunjukkan ritme yang baik demi memperebutkan kemenangan. Saya rasa bagian terburuk dalam balapan ini adalah awal balapan. Saya coba menyalip banyak rider, namun sangat sulit menyalip Jack dan Aleix," ujar Mir.

Dengan hasil ini, Mir kembali melorot ke peringkat ketiga pada klasemen pembalap, namun jarak poinnya dari Fabio Quartararo terpangkas dari 65 menjadi 57 poin. Meski begitu, juara dunia bertahan ini tetap tak puas, karena ia belum menang lagi sejak MotoGP Eropa di Sirkuit Valencia pada 2020 lalu.

"Akhirnya bisa menyalip mereka (Milller dan Espargaro), namun mereka (Bagnaia dan Marquez) sudah terlalu jauh. Ritme balap saya sangat mirip dengan mereka, tapi sudah terlalu jauh. Soal performa, saya puas. Namun, harusnya kami bisa memperebutkan kemenangan. Atas alasan inilah, saya tak terlalu senang," tutur Mir.

2 dari 2

Ingin Suzuki Atasi Masalah di Misano

Mir mengakui akselerasi GSX-RR memang sangat baik, namun pengeremannya masih bermasalah, ditambah tenaganya yang tak sebesar Honda dan Ducati. Ia berharap Suzuki bisa mengatasi masalah kualifikasi mereka, hingga ia tak perlu lagi menunggu-nunggu kesalahan rider lain demi meraih hasil baik.

"Dengan akselerasi kami yang baik, start ketujuh bukanlah hal terbaik. Sangat sulit menyalip rival. Saya harus menunggu kesalahan dari para rider di depan saya. Jika tidak, bakal sulit bagi saya mendahului mereka. Saya juga sulit mengerem hari ini, tertinggal di trek lurus. Kami harus bekerja mengatasi masalah ini di Misano," tutupnya.

Mir akan kembali turun lintasan dalam MotoGP San Marino di Sirkuit Misano pada 17-19 September. Musim lalu, ia sukses finis ketiga dan kedua di trek ini, masing-masing di Seri San Marino dan Seri Emilia Romagna.

Sumber: Autosport