Joan Mir Marah Suzuki Tinggalkan MotoGP, Akui Dekati Honda

Anindhya Danartikanya | 13 Mei 2022 09:54
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing

Bola.net - Joan Mir mengaku marah saat mendapatkan kabar bahwa Suzuki ingin meninggalkan MotoGP pada akhir 2022. Lewat Autosport di sela Seri Prancis di Le Mans, Kamis (12/5/2022), ia mengaku merasa Suzuki merupakan pabrikan papan atas, sehingga keputusan untuk hengkang ini terasa sangat janggal.

Keinginan Suzuki meninggalkan MotoGP ini menyeruak pada 2 Mei 2022, ketika Mir dan Alex Rins, bersama rider lainnya menjalani tes di Jerez, Spanyol. Seperti Rins, Mir juga diberi tahu soal kabar ini setelah tes berakhir. Mir mengaku merasa iba pada para kru yang sudah lama bergabung dengan proyek ini, tepatnya sejak 2015.

Sebagai catatan, Suzuki kembali berlaga di MotoGP pada 2015 usai vakum pada akhir 2011. Mir sendiri bergabung pada 2019, dan setahun setelahnya meraih gelar dunia. Itu adalah gelar dunia pertama Suzuki di kelas para raja usai penantian 20 tahun, yakni sejak Kenny Roberts jr menjuarai GP500 pada 2000 lalu.

1 dari 2 halaman

Sebut Suzuki Ecstar Tim Spesia

Joan Mir dan Suzuki Ecstar merayakan gelar dunia MotoGP 2020. (c) Suzuki

Mir merasa jengkel keputusan hengkang ini diambil para bos Suzuki Motor Company (SMC) di Jepang ketika Suzuki Ecstar sedang memegang status sebagai salah satu tim paling kompetitif di MotoGP. Apalagi mereka selalu ikut meramaikan perebutan kemenangan di tiap balapan dan gelar dunia setiap tahun.

"Saya marah atas keputusan yang diambil seseorang ini. Tim kami sangat hebat, salah satu tim spesial di paddock, orang-orang yang bekerja di tim kami membuatnya jadi spesial. Saya tiba di Suzuki empat tahun lalu, namun banyak orang yang sudah bekerja di Suzuki sebelum saya," ungkap Mir.

"Mereka bekerja keras demi jadi juara dunia pada 2020, tahun lalu kami juga duduk di peringkat ketiga, dan mereka kembali bekerja keras tahun ini. Suzuki adalah pabrikan yang normalnya memperebutkan gelar dunia setiap tahun sejak saya tiba di sini," ujar rider yang juga juara dunia Moto3 2017 ini.

2 dari 2 halaman

Resmi Masuk 'Pasar' Pembalap

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins (c) Suzuki Racing

Sesuai dengan pernyataan manajer pribadinya, Paco Sanchez, Mir menyatakan bahwa dirinya kini mulai melakukan negosiasi dengan tim-tim lain yang ada di MotoGP. Ia pun tak malu-malu mengakui bahwa ia sedang mengincar tempat di Repsol Honda, yang kini masih diisi oleh Pol Espargaro.

"Sejak Jerez, kami sudah resmi masuk 'pasar'. Kami tadinya melakukan pembicaraan dengan Suzuki sebelum segalanya terjadi. Kini, sudah jelas manajer saya akan bekerja lebih keras dari yang ia duga. Ia bicara dengan Honda dan pabrikan berbeda lainnya untuk memastikan masa depan saya di luar Suzuki. Ini tak mudah," tutup Mir.

Menjelang pekan balap di Le Mans, Rins dan Mir masing-masing berada di peringkat keempat dan keenam pada klasemen pembalap dengan koleksi 69 dan 56 poin. Uniknya, Suzuki Ecstar juga tengah memimpin klasemen tim dengan koleksi 125 poin, unggul 16 poin atas Aprilia Racing.

Sumber: Autosport

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR