FOLLOW US:


Kenan Sofuoglu: Toprak Razgatlioglu Hanya ke MotoGP Jika Bela Monster Yamaha

07-01-2022 14:10

 | Anindhya Danartikanya

Kenan Sofuoglu: Toprak Razgatlioglu Hanya ke MotoGP Jika Bela Monster Yamaha
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu © Yamaha Racing

Bola.net - Lima kali juara WorldSSP sekaligus manajer pribadi Toprak Razgatlioglu, Kenan Sofuoglu, tegas takkan membiarkan kliennya itu pindah ke MotoGP jika hanya membela tim satelit. Hal ini dinyatakan Sofuoglu kepada Speedweek, Kamis (6/1/2022), menyusul kian santernya kepindahan Razgatlioglu dari WorldSBK ke MotoGP pada 2023.

Razgatlioglu memang sudah dinantikan kehadirannya di MotoGP sejak 2020. Ia juga hampir pindah ke MotoGP 2022 bersama Petronas Yamaha SRT sebagai pengganti Valentino Rossi, namun akhirnya menolak. Ia bahkan tanda tangan kontrak dua musim untuk bertahan di WorldSBK sampai 2023, meski ada klausul yang bisa diubah.

El Turco menolak tawaran itu karena ingin merebut gelar lebih dulu di WorldSBK. Ia pun sukses melakukannya tahun lalu, dan kini tak ada alasan lagi baginya untuk menolak tawaran pindah ke MotoGP pada 2023 nanti. Namun, Sofuoglu menegaskan bahwa Razgatlioglu takkan mau membela tim selain Monster Energy Yamaha.

1 dari 2

Tim Pabrikan Saja Belum Pasti Diterima, Apalagi 'Tim B'

Can Oncu, Kenan Sofuoglu, dan Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing
Can Oncu, Kenan Sofuoglu, dan Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

"Saya sudah bicara dengan Yamaha soal ini. Mereka sangat tertarik mengajak Toprak balapan di MotoGP. Namun, satu hal yang jelas: ini hanya bisa terjadi jika Toprak terus memenangkan balapan di WorldSBK 2022. Ketika Yamaha memberikan tawaran ke tim pabrikan, barulah kami memikirkannya," ujar Sofuoglu.

Pria asal Turki ini juga menyatakan MotoGP tak pernah jadi prioritas karier Razgatlioglu, apalagi jika pindah ke sana dengan sekadar membela tim satelit. Padahal, Monster Energy Yamaha masih terikat kontrak dengan Franco Morbidelli sampai akhir 2023, dan kontrak Fabio Quartararo kemungkinan besar diperpanjang.

"Kami tak bermimpi balapan di MotoGP. Yamaha juga tahu itu. Kami juga ogah balapan dengan 'Tim B', melainkan hanya mau dengan tim pabrikan. Andaipun Yamaha menawarkan tempat di tim pabrikan, saya tetap tak yakin (Razgatlioglu bakal pindah ke MotoGP)," lanjut politikus yang juga tangan kanan Recep Tayyip Erdogan ini.

2 dari 2

Ingin Hati-Hati Tentukan Jalan Karier Toprak Razgatlioglu

Ingin Hati-Hati Tentukan Jalan Karier Toprak Razgatlioglu
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu © Yamaha Racing

Sofuoglu sendiri diketahui sempat berlaga di Moto2, namun tak sukses. Ia pun tampaknya belajar dari pengalaman pahit yang ia rasakan di paddock Grand Prix dan tak ingin Razgatlioglu terjun ke jurang yang sama. Ia bahkan mengaku sudah menolak tawaran dari Team Principal WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Razlan Razali.

"Saya akan sangat berhati-hati dengan karier Toprak. Saya tak mau melakukan kesalahan dan merusak sensasi baiknya. Ia sangat menikmati balapan saat ini, dan saya tak mau menghancurkan itu. Razlan sudah berkali-kali menanyakan musim depan kepada kami. Tapi kami tak tertarik. Saya sudah tegaskan kami hanya akan mempertimbangkan tim pabrikan," tutupnya.

Meski begitu, Razgatlioglu sendiri sudah mengonfirmasi bahwa ia akan menjalani beberapa uji coba di atas motor MotoGP milik Yamaha, YZR-M1. Ia mengaku akan didampingi test rider pabrikan Garpu Tala, Cal Crutchlow. Uji coba ini belum ditentukan tanggal dan tempatnya, namun dipastikan akan bersifat tertutup.

Sumber: Speedweek