FOLLOW US:


KTM Hentikan Proyek Moto2, Tech 3 Pindah ke Moto3

14-08-2019 15:55

 | Anindhya Danartikanya

KTM Hentikan Proyek Moto2, Tech 3 Pindah ke Moto3
Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Marco Bezzecchi © KTM/Gold and Goose

Bola.net - Dengan keputusan KTM untuk hengkang dari Moto2 mulai tahun depan, maka Tech 3 Racing juga memilih pergi dari kelas intermediate tersebut dan hijrah ke Moto3. Hal ini disampaikan oleh Red Bull KTM Tech 3 dalam rilis resmi pada Rabu (14/8/2019).

KTM mulai menyuplai sasis di Moto2 sejak 2017, seiring keputusan mereka turun di MotoGP sebagai tim pabrikan untuk pertama kalinya. Selama 2017 dan 2018, saat mesin Moto2 masih dipasok oleh Honda, KTM sukses mengoleksi 27 podium dan sembilan kemenangan. Mereka juga merebut runner up 2018 bersama Miguel Oliveira.

Kesuksesan ini pun membuat Tech 3 tertarik bekerja sama dengan KTM. Mereka bahkan rela menanggalkan proyek sasis Mistral yang sudah dirintis sejak lama, demi mendapatkan sasis dari KTM. Kerja sama ini juga dibarengi oleh kesepakatan di MotoGP, di mana Tech 3 berperan sebagai tim satelit KTM mulai musim ini.

1 dari 2

Latar Belakang Keputusan Mundur

Sayang, saat Triumph menggantikan Honda sebagai pemasok mesin Moto2, KTM justru kesulitan. Musim ini, mereka baru merebut tiga podium dan satu kemenangan, yang semuanya diraih oleh Brad Binder. Para rider Tech 3, Marco Bezzecchi dan Philipp Oettl pun sulit tampil kompetitif.

KTM pun merilis berbagai pengumuman besar di Red Bull Ring, Austria pada Sabtu (10/8/2019). Selain mengumumkan perpanjangan kontrak mereka di MotoGP sampai 2026, mereka juga menyatakan pengunduran diri dari Moto2, dan akan kembali menurunkan mesin Husqvarna di Moto3 mulai musim depan.

Meski begitu, nasib Tech 3 kala itu belum menemukan kejelasan. Pada akhirnya, tim asal Prancis ini memutuskan tetap bekerja sama dengan KTM, namun pindah ke kelas Moto3. Pimpinan Tech 3, Herve Poncharal mengaku bersemangat, meski belum menentukan siapa dua pebalap yang akan ia naungi.

2 dari 2

Pernyataan Resmi Herve Poncharal

"Terlibat di dunia balap selama bertahun-tahun, salah satu hal yang saya sukai adalah memulai tantangan baru, dan jelas dengan KTM, Anda takkan kecewa soal ini. Saya sangat memahami dan mendukung keputusan KTM untuk mundur dari Moto2, mengingat mereka harus fokus pada usaha mereka di Moto3 dan MotoGP.

"Atas alasan ini, merupakan sebuah kehormatan untuk membawa bendera Red Bull KTM ke Moto3, kelas yang sangat kompetitif, yakni kelas yang belum pernah dijajal oleh Tech 3. Bersama KTM, kami ingin kerja sama ini berkembang, menjelajahi kategori baru, dan membantu talenta muda, yang bisa menjadi masa depan yang cerah bagi Moto3.

"Kini kami harus menata ulang 2020, dan misi utama kami adalah menemukan rider hebat yang punya pemahaman dan kecocokan yang sama dengan program kami. Jadi beberapa hari ke depan bakal sangat menyibukkan. Akhirnya, saya melihat keputusan ini sebagai hal yang sangat positif dan membangun, dan tim kami sangat termotivasi untuk memenuhi apa yang diharapkan Red Bull dan KTM dari kami."

Sumber: Tech 3/KTM