FOLLOW US:


KTM Tekad Turunkan Tim Satelit di MotoGP 2018

22-02-2017 10:30
KTM Tekad Turunkan Tim Satelit di MotoGP 2018
Motor RC16 KTM milik Pol Espargaro dan Bradley Smith. © KTM

Bola.net - CEO KTM, Stefan Pierer mengaku sudah sepakat dengan Dorna Sports selaku promotor MotoGP untuk menurunkan tim satelit tahun depan. Ini langkah yang cukup berani, mengingat musim ini merupakan musim debut KTM di MotoGP sebagai tim pabrikan secara penuh. Hal ini disampaikan Pierer dalam presentasi Red Bull KTM Factory Racing di Austria, Senin (20/2).

Tahun lalu, Dorna dan seluruh pabrikan peserta MotoGP memang telah sepakat untuk memenuhi grid dengan 24 rider, dengan masing-masing pabrikan memiliki dua rider tim pabrikan dan dua rider tim satelit. Meski begitu, di antara 23 rider dari lima pabrikan saat ini, hanya Suzuki dan Aprilia yang belum juga menurunkan tim satelit.

"Kami fokus pada tim pabrikan pada tahun pertama. Kami punya kontrak lima tahun dengan Dorna, dan kami sepakat akan menyediakan materi untuk tim satelit. Ini adalah rencana kami dua tahun ke depan. Saya rasa prioritas kami adalah bersiap dengan tim pabrikan, lalu bersiap menyediakan motor untuk tim kedua," ujar Pierer kepada Motorsport.

Meski telah tertarik menurunkan tim satelit untuk tahun depan, kepada Speedweek, Pierer menyatakan bahwa pihaknya tak tertarik menggantikan Honda sebagai pemasok tunggal mesin Moto2 pada tahun 2019 nanti. Menurutnya, isu bahwa Triumph lah akan jadi pengganti justru jadi kabar baik bagi KTM.

"Kami tak tertarik menjadi pemasok mesin Moto2. Kami tak boleh berlebihan. Kami sudah berpartisipasi di begitu banyak kejuaraan. Saya dengar Triumph menggantikan mereka usai 2018 nanti, tampaknya menyenangkan. Kami rasa mesin tiga silinder juga tampak menjanjikan," pungkas Pierer.