Leclerc Dedikasikan Kemenangan F1 GP Belgia untuk Hubert

Anindhya Danartikanya | 2 September 2019 08:50
Pebalap Scuderi Ferrari, Charles Leclerc (c) AP Photo

Bola.net - Pebalap Scuderi Ferrari, Charles Leclerc, sukses meraih kemenangan perdananya di Formula 1 GP Belgia yang digelar di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (1/9/2019). Pebalap Monako ini pun mendedikasikan prestasi tersebut kepada sang kawan, Anthoine Hubert yang meninggal dunia sehari sebelumnya.

Hubert mengalami kecelakaan hebat dalam balapan pembuka Formula 2 di Tikungan Raidillon pada lap kedua. Leclerc, yang meraih kemenangan dari pole, mengakui bahwa balapan kali ini terasa sangat berat dan emosional, karena ia harus tampil sembari dirundung rasa sedih kehilangan temannya sejak anak-anak.

"Ini kemenangan perdana saya di F1. Ini untuk Anthoine. Rasanya menyenangkan, tapi sulit menikmatinya dengan pekan balap seperti ini. Pada satu sisi, impian saya sejak kecil telah terwujud. Di lain sisi, ini akhir pekan yang berat. Kami kehilangan seorang kawan, dan situasi ini sangat sulit," ungkapnya seperti yang dilansir Crash.net.

1 dari 2 halaman

Tak Bisa Nikmati Kemenangan

Saat masih anak-anak, Leclerc diketahui memiliki hubungan yang sangat baik dengan Hubert. Ia, Hubert dan Pierre Gasly sama-sama meniti karier di dunia balap mobil bersamaan, dan bagi Leclerc, kepergian Hubert membuatnya merasa sangat kehilangan.

"Saya ingin mendedikasikan kemenangan perdana saya untuk dia. Kami tumbuh dewasa bersama. Saat masih kecil, saya menjalani balapan pertama bersama Anthoine, dan apa yang terjadi sangat disayangkan. Saya tak benar-benar bisa menikmati kemenangan ini, tapi jelas ini kenangan yang akan saya simpan selamanya," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Senang Bisa Tahan Hamilton

Leclerc berhasil memimpin balapan sejak awal, namun mendapatkan serangan dari pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton pada lap-lap akhir. Meski begitu, pebalap berusia 21 tahun ini mampu menahan laju sang lima kali juara dunia dan finis dengan keunggulan 0,981 detik.

"Ini balapan yang sangat sulit. Kami kesulitan dengan ban pada akhir balap, tapi saya jauh lebih senang ketimbang Budapest. Memang lebih baik, tapi Mercedes sangat cepat. Meski begitu, kami punya performa yang baik, dapat pole dan kemenangan. Jadi saya puas," pungkasnya.

Berkat kemenangan ini, Leclerc berada di peringkat kelima pada klasemen pebalap Formula 1 dengan koleksi 157 poin, tertinggal 12 poin saja dari sang tandem, Sebastian Vettel di peringkat keempat. Ia akan kembali turun lintasan di Sirkuit Monza, Italia pada 6-8 September.

Sumber: Crash.net

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR