Marc Marquez Belum Klop dengan Honda Teranyar, Legawa Finis Kelima di Qatar

Anindhya Danartikanya | 7 Maret 2022 12:18
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, legawa sekadar finis kelima dalam MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (6/3/2022). Kepada GPOne, ia mengaku tak terlalu percaya diri dengan performa ban depan, dan menyebut dirinya tak bisa menyaingi ritme Enea Bastianini, Brad Binder, Pol Espargaro, dan Aleix Espargaro.

Start dari posisi ketiga, Marquez sempat memimpin di Tikungan 1, namun segera tersalip oleh Pol di tikungan berikutnya. Pada Lap 5, ia disalip oleh Binder, dan kemudian Bastianini menyusul pada lap berikutnya. Marquez pun harus susah payah bertahan di posisi keempat, namun akhirnya tersalip oleh Aleix pada Lap 17.

Dalam balapan ini, Marquez dan Pol memakai ban depan dan belakang lunak, namun Marquez heran dirinya tak bisa mencari catatan waktu yang apik dan mempertahankan ritme sebaik Pol, yang memimpin selama 17 lap meski kemudian harus puas finis ketiga. Marquez pun bertekad mempelajari data Pol usai balapan.

1 dari 2 halaman

Akui 4 Rider Terdepan Lebih Unggul

Marc Marquez dan Santi Hernandez (c) Honda Racing Corporation

Satu hal positif yang bisa dipetik Marquez adalah dirinya tak mengalami rasa sakit lagi pada bahu dan lengan kanannya. "Balapan memang jadi kekhawatiran saya, namun saya bisa bilang tak ada masalah berarti. Fisik saya oke. Saya memang kelelahan, tapi sama seperti yang lain," kisah sang delapan kali juara dunia.

"Sebelum balapan, saya lebih optimistis soal hasilnya, namun hanya karena saya mengharapkan balapan yang lamban. Ternyata tidak begitu, dan empat rider di depan saya lebih cepat. Ritme balap mereka menakjubkan, sementara saya tak punya itu. Saya tak merasa nyaman dengan ban depan," lanjut Marquez.

Rider Spanyol ini tak memungkiri dirinya belum 100% klop dengan RC213V teranyar, yang dirombak besar-besaran oleh para insinyur Honda sepanjang musim dingin. Namun, ia tak terlalu kecewa karena Losail memang dikenal tak terlalu bersahabat dengan Honda, dan ia yakin bisa tampil lebih baik di tiga trek berikutnya.

2 dari 2 halaman

Rival Sengit Bertambah

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro dan Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

"Saya mempelajari hal baru tiap kali naik motor ini. Tapi saya tak banyak mengubah setup di Qatar, hanya fokus pada garis balap dan gaya balap. Perubahan ini sangat besar, namun ada potensi besar pula. Tapi di sirkuit ini kami memang sering kesulitan. Trek-trek yang bersahabat akan datang, yakni Mandalika, Termas, dan Austin," tutur Marquez.

Kini, Marquez pun duduk di peringkat 5 pada klasemen dengan 11 poin. Dua rider yang diprediksi jadi rival beratnya, Fabio Quartararo dan Pecco Bagnaia, masing-masing finis kesembilan dan gagal finis. Namun, Marquez yakin keduanya bakal bangkit, dan menyebut Bastianini dan Pol juga bisa mengancam.

"Apakah saya merasa beruntung kandidat juara yang lain meraih poin lebih sedikit dari saya? Anda bisa saja bilang begitu sekarang, namun saya melihat dua rider lain yang bakal jadi rival saya dalam perebutan gelar, yakni Enea dan Pol," pungkas Marquez. MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika akan digelar pada 18-20 Maret nanti.

Sumber: GPOne

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR