FOLLOW US:


'Masa Depan Valentino Rossi Juga Akan Ditentukan Petronas'

14-02-2020 09:36

 | Anindhya Danartikanya

'Masa Depan Valentino Rossi Juga Akan Ditentukan Petronas'
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi © Yamaha

Bola.net - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, menyatakan bahwa pihaknya memang siap menyediakan dukungan teknis terbaik untuk Valentino Rossi di MotoGP 2021, namun ini semua juga sangat tergantung pada keputusan Petronas Yamaha SRT.

Posisi Rossi di Monster Energy Yamaha akan diambil alih Fabio Quartararo musim depan, namun ini belum berarti The Doctor akan pensiun. Ia akan menggunakan 7-8 seri pertama musim ini untuk evaluasi performa. Jika masih kompetitif, maka ia bersedia membela tim satelit.

Dengan begitu, kemungkinan besar Rossi akan membela Petronas Yamaha SRT, apalagi ia telah menepis peluang menurunkan timnya sendiri, VR46, akibat kekurangan sumber daya dan dukungan finansial. Meski begitu, Jarvis menyebut semua tetap ada di tangan SRT dan Petronas.

1 dari 2

Keputusan Petronas Juga akan Memengaruhi

Jarvis menyatakan adanya hubungan baik antara Yamaha dan SRT, dan yakin tim asal Malaysia itu mau menjalin kerja sama yang sehat. Atas alasan ini, jika Rossi memutuskan melanjutkan karier di MotoGP, maka SRT juga berhak bersuara.

"Kami punya hubungan yang baik, dan semua orang tahu itu. Kami sering berdiskusi, tapi pada akhirnya ini akan jadi keputusan Petronas. Jika kami butuh tempat untuk Vale, kami akan membicarakannya," ungkap Jarvis dalam wawancaranya dengan Sky Sport.

2 dari 2

Petronas-SRT Berstatus Tim Junior

Pernyataan Jarvis ini bukan tanpa alasan, mengingat SRT dan Petronas bekerja sama untuk membentuk sebuah tim junior, yang berarti tujuannya adalah mengembangkan pebalap muda. Jarvis pun yakin SRT harus lihai merayu Petronas untuk mau menaungi Rossi.

"Mereka harus bicara dengan sponsor utama mereka, karena strategi mereka adalah membangun tim untuk rider muda. Tapi Valentino Rossi adalah Valentino Rossi, ia rider yang berbeda. Ia punya 'harga' tinggi untuk semua tim," pungkas Jarvis.

Selain tengah menaungi Quartararo (20), Petronas Yamaha SRT saat ini tengah menaungi Franco Morbidelli (25), dan santer dikabarkan tengah tertarik menggaet adik Rossi sendiri, Luca Marini, yang saat ini masih berusia 22 tahun.