FOLLOW US:


Menangi F1 GP Hungaria, Esteban Ocon: Ini Juga Berkat Bantuan Fernando Alonso

02-08-2021 09:22

 | Anindhya Danartikanya

Menangi F1 GP Hungaria, Esteban Ocon: Ini Juga Berkat Bantuan Fernando Alonso
Pembalap Alpine F1 Team, Esteban Ocon © AP Photo

Bola.net - Pembalap Alpine F1 Team, Esteban Ocon, senang bukan kepalang usai sukses meraih kemenangan perdananya di Formula 1, yakni di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Hungaria, Minggu (1/8/2021). Ini adalah kemenangan perdana Alpine di F1, sekaligus kemenangan perdana Renault Group sejak 2013.

Start dari posisi 8, Ocon naik ke posisi 2 usai start kacau dari para pembalap terdepan pada Lap 1. Kesalahan Valtteri Bottas di Tikungan 1 memberikan efek domino pada Lando Norris, Max Verstappen, dan Sergio Perez, begitu juga Lance Stroll yang menabrak Charles Leclerc dan Daniel Ricciardo.

Akibat kedua insiden itu, balapan dihentikan pada lap kedua. Saat balapan dilanjutkan, Ocon langsung memimpin balapan usai Lewis Hamilton menjadi satu-satunya pembalap yang memutuskan untuk tak melakukan pit stop. Sejak itulah Ocon terus memimpin, dan sama sekali tak lengah meski terus dapat tekanan dari Sebastian Vettel.

1 dari 3

Lewati Momen-Momen Berat

Lewati Momen-Momen Berat
Pembalap Alpine F1 Team, Esteban Ocon © AP Photo

"Momen luar biasa. Rasanya sangat menyenangkan. Ini jelas kemenangan perdana sejak grup Renault kembali ke F1. Kami menjalani beberapa momen berat musim ini dan kami melewatinya bersama dengan tim, bangkit mendapatkan ritme yang fantastis di Silverstone," tutur pembalap asal Prancis berusia 24 tahun ini.

Ocon diketahui memulai musim dengan baik, selalu dapat poin di empat dari lima seri perdana. Sayangnya, ia kemudian menjalani lima balapan selanjutnya tanpa poin. Alhasil, Alpine menyediakan sasis baru untuknya. Hasilnya? Kemenangan besar di Hungaria. Ia pun sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan timnya.

"Terima kasih banyak atas rasa percaya dari semua orang. Dalam momen berat, keluar dari Q1, dan duduk di posisi 17, Anda tak tahu level Anda tapi tim selalu percaya. Kami kembali ke tempat yang semestinya dan ini fantastis. Seb sangat cepat, sungguh menekan saya. Tapi kami bisa menahannya, jadi ini usaha yang hebat," ungkap Ocon.

2 dari 3

Bentuk Duet Hebat Bareng Fernando Alonso

View this post on Instagram

A post shared by FORMULA 1® (@f1)

Ocon pun tak memungkiri ini merupakan momen yang sangat membahagiakan dalam kariernya. Namun, ia juga meyakini bahwa ini semua terjadi berkat kerja keras tim. Ia bahkan berterima kasih kepada sang tandem, Fernando Alonso, yang ia puji telah 'bertarung bagaikan singa' dalam menahan laju Hamilton pada paruh kedua balapan.

"Fernando berkontribusi hingga kami mempertahankan margin. Saya bilang kepada awak media soal dia, soal apa yang saya dengar sebelum masuk ke tim ini. Saya dengar ia tandem yang mengecoh, suka bermain trik, tak sportif, dan bengis, tapi yang yang saya dapat dari momen-momen bersama Fernando justru fantastis," ujar Ocon.

"Kami membentuk duet yang hebat, berbagi informasi yang baik, mendorong tim menuju target yang sama, yakni menang di masa depan. Itulah yang kami inginkan, dan hari ini saya bisa bilang saya bangga bisa bekerja dengannya. Ini privilese, ia adalah legenda dan saya harap kami bisa berbagi podium bersama," pungkasnya.

Sumber: Crashnet

3 dari 3

Video: Fabio Quartararo Menangi MotoGP Belanda 2021