FOLLOW US:


Menpora Desak Manor Jelaskan Jeleknya Performa Rio Haryanto

20-07-2016 18:44
Menpora Desak Manor Jelaskan Jeleknya Performa Rio Haryanto
Rio Haryanto © AFP
Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mendesak Manor Racing Team untuk menjelaskan performa Rio Haryanto pada ajang Formula 1. Pasalnya, hingga putaran ke-10, Rio tak kunjung juga mendapat hasil yang maksimal.

Rio saat ini masih berada di posisi buncit klasemen sementara F1 musim 2016. Dari 10 seri balapan yang sudah dijalani, pembalap asal Solo itu belum mendapatkan satu poin pun.

"Ini sifatnya adalah desakan Pemerintah Indonesia. Manor harus menjelaskan kepada rakyat Indonesia, kenapa Rio Haryanto selalu di belakang," ujar Menpora di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (20/7).

"Kenapa pemerintah perlu mendesak ini? Karena banyak orang tidak terlalu mengerti masalah mesin, aerodinamika mobil, dan faktor teknis lainnya. Ini juga bagian dari edukasi untuk ikut balapan F1," tambahnya.

Saat ini Rio sendiri terancam terhenti usai balapan seri ke-11 di GP Hungaria, Sirkuit Budapest yang akan dihelat pada 24 Juli mendatang. Sebab, pembalap 23 tahun itu tidak bisa melunasi biaya pembayaran kepada Manor.

Seperti diketahui, Rio bisa mengikuti balapan selama satu musim setelah mencapai kesepakatan untuk membayar 15 juta euro. Namun, Manor memberi kelonggaran kepada pihak Rio terkait pembayaran yang bisa dibagi menjadi dua termin.

Satu termin balapan terdiri dari setengah musim dengan bayaran 7,5 juta euro, begitu juga untuk setengah musim berikutnya. Namun, hingga saat ini Rio baru membayar 8 juta euro kepada Manor.

8 juta euro tersebut didapat Rio dari Pertamina sebesar 5 juta euro. Sementara 3 juta euro didapat dari pihak Kiky Sport. (fit/asa)