Mercedes-Red Bull Berdoa Hamilton-Verstappen Tak Saling Tabrak di Abu Dhabi

Anindhya Danartikanya | 8 Desember 2021 10:30
Max Verstappen dan Lewis Hamilton (c) AP Photo

Bola.net - Team Principal Mercedes AMG Petronas, Toto Wolff, dan Team Principal Red Bull Racing Honda, Christian Horner, memang kerap bersitegang. Tapi keduanya kompak berharap Lewis Hamilton dan Max Verstappen menjalani balapan yang 'bersih' dalam Formula 1 GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, 10-12 Desember 2021.

Verstappen dan Hamilton memang kerap mengalami berbagai insiden di trek musim ini, salah satunya di Jeddah, Arab Saudi, akhir pekan lalu, ketika keduanya bertabrakan di Lap 37. Insiden itu sangat memengaruhi kans keduanya dalam berebut gelar, karena kini sama-sama mengoleksi 369,5 poin jelang seri penutup.

Verstappen tetap di puncak klasemen karena mengoleksi sembilan kemenangan, satu lebih banyak dari Hamilton. Alhasil, untuk pertama kali sejak 1974, F1 menghadapi perebutan gelar di seri terakhir dengan dua kandidat juaranya punya jumlah poin setara. Demi merebut gelar, kedua pembalap hanya harus finis di depan satu sama lain.

1 dari 3 halaman

Berharap Jeddah Jadi Pelajaran Penting

Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo

Uniknya, F1 tak asing dengan kecelakaan yang terjadi di antara dua kandidat juara pada balapan penentu gelar. Beberapa di antaranya adalah pertarungan antara Ayrton Senna dan Alain Prost pada 1989 dan 1990; Michael Schumacher dan Damon Hill pada 1994; serta Michael Schumacher dan Jacques Villeneuve pada 1997.

Lewat Crash.net, Selasa (7/12/2021), Wolff pun mengaku tak mengharapkan hal serupa terjadi pada Hamilton dan Verstappen. "Saya harap balapan ini (Jeddah) memberikan cukup konsekuensi yang akan membuat semua orang belajar dan beradaptasi untuk balapan terakhir di Abu Dhabi," ungkap pria asal Jerman ini.

"Gaya balap yang mirip, jika dianggap kelewat batas oleh Stewards, mungkin harus dihukum pula di Abu Dhabi. Dengan begitu, ini bisa mengakhiri situasi berantakan. Saya juga yakin perebutan gelar tak layak dipengaruhi oleh tabrakan. Jadi, dalam kasus ini, saya meletakkan kepercayaan besar pada sistem regulasi," lanjut Wolff.

2 dari 3 halaman

Tak Mau Hasil Akhir Ditentukan FIA Stewards

Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo

Horner, yang dikenal kerap cekcok dengan Wolff, uniknya punya opini senada. Ia mengaku skuadnya sangat peduli pada cara Verstappen memenangkan balapan dan mengunci gelar di Abu Dhabi nanti. Ia tak mau hasil akhirnya nanti ditentukan oleh hukuman dari FIA Stewards atau insiden tabrakan di lintasan.

"Tentu kami peduli pada cara Max menang. Kami ingin memenangkan balapan di trek, bukan di ruangan Stewards, bukan di area gravel. Ini pertarungan yang sengit, sudah berjalan sepanjang musim. Ada beberapa duel fantastis di antara kedua pembalap, jadi saya mengharapkan balapan yang adil dan bersih di Abu Dhabi," tutupnya.

Tak hanya berebut gelar dunia pembalap di Abu Dhabi lewat Verstappen dan Hamilton, Mercedes dan Red Bull juga tengah berebut gelar dunia konstruktor. Saat ini, Mercedes berada di puncak klasemen dengan koleksi 587,5 poin, unggul 28 poin dari Red Bull.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Tautan Streaming Formula 1 2021 di Vidio

F1 GP Abu Dhabi akan digelar di Sirkuit Yas Marina pada 10-12 Desember 2021. Berikut tautan live streaming Formula 1 2021 di Vidio: https://www.vidio.com/live/7953-champions-tv-4

OTT layanan Vidio resmi menjadi layanan siaran langsung pekan balap Formula 1 2021. Jangan lupa untuk menyaksikan aksi para pembalap kesayangan Anda. Unduh segera aplikasi Vidio di smartphone atau smart tv melalui Playstore atau Appstore.

PERHATIAN: Jadwal siaran langsung bisa berubah sewaktu-waktu. Tunggu informasi berikutnya atau cek secara berkala website resmi Vidio.com.

Sumber: Crashnet

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR