Monster Yamaha Pastikan Gelar Uji Coba Toprak Razgatlioglu di MotoGP 2022

Anindhya Danartikanya | 6 Februari 2022 14:35
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Bola.net - Direktur Tim Monster Energy Yamaha MotoGP, Massimo Meregalli, memastikan pihaknya akan menggelar uji coba bersama juara WorldSBK 2021, Toprak Razgatlioglu, musim ini. Hal ini ia sampaikan dalam sesi 'Live: Midday Recap 2' uji coba pramusim di Sepang, Malaysia, Minggu (6/2/2022), dengan Jack Appleyard dan Simon Crafar.

Razgatlioglu sejatinya dijadwalkan ikut menjalani uji coba pascamusim MotoGP Jerez, Spanyol, pada 18-19 November 2021. Namun, program itu dibatalkan akibat Indonesia memundurkan jadwal WorldSBK Mandalika dari 12-14 November ke 19-21 November. Alhasil, Yamaha harus putar otak untuk mencari tanggal baru.

Akhir musim lalu, Razgatlioglu juga sudah menyatakan bahwa Yamaha akan menggelar uji coba tertutup di mana ia akan menjajal motor YZR-M1 untuk pertama kali, meski belum menentukan tanggal dan trek. Rider asal Turki tersebut menyatakan bahwa ia akan didampingi oleh test rider Yamaha sekaligus eks rider MotoGP, Cal Crutchlow.

1 dari 2 halaman

Uji Coba di Jerez Batal Gara-Gara WorldSBK Mandalika

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

"Kami sejatinya merencanakan uji coba untuk Toprak tahun lalu, pada akhir musim, pada dasarnya setelah uji coba di Jerez. Namun, Indonesia memundurkan balapan terakhir (WorldSBK) musim lalu, jadi ia harus pergi ke sana (Mandalika)," ungkap Meregalli, yang telah menjadi direktur tim pabrikan Yamaha sejak 2011 ini.

Pria asal Italia tersebut menyatakan pihaknya sampai kini masih belum menentukan waktu dan tempat uji coba, namun memastikan bahwa penyelenggaraannya akan menyesuaikan jadwal uji coba Crutchlow dan jadwal balap Razgatlioglu di WorldSBK sepanjang musim 2022.

"Tahun ini, berdasarkan kalender uji coba Cal, kami akan mencari setidaknya satu hari yang cocok dengan kalender balap Toprak. Jelas uji coba dengan Toprak bakal menarik. Ia tentu layak mendapatkan kesempatan ini, karena apa yang ia lakukan tahun lalu sangat menakjubkan," tutur Meregalli.

2 dari 2 halaman

Semua Sudah Penasaran, Digelar Juni atau Agustus

Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli (c) Yamaha MotoGP

Meregalli juga menyatakan bahwa pihaknya sudah punya dua opsi tanggal penyelenggaraan uji coba dengan Razgatlioglu, yakni bulan Juni atau Agustus. Namun, mereka belum menentukan sirkuitnya. Ia mengakui bahwa seluruh anggota kru Yamaha, begitu juga seisi paddock MotoGP, sudah menanti-nantikan momen ini.

"Tak cuma saya, melainkan kami semua, sangat penasaran melihatnya di atas M1. Kami punya jadwal yang sudah disiapkan. Ada dua kemungkinan, Juni atau Agustus. Namun, saya belum bisa memastikannya, karena bisa saja berubah. Sekalinya kami siap, kami akan pastikan kapan momen yang tepat," pungkas Meregalli.

Sebagai catatan, pada bulan Juni, biasanya MotoGP menggelar uji coba sehari usai balapan di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol. Di lain sisi, pada Agustus, biasanya para pabrikan MotoGP menggelar uji coba tertutup dengan para test rider masing-masing di Misano, Italia, atau Aragon, Spanyol.

Sumber: MotoGP

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR