FOLLOW US:


MotoGP Tekad Majukan Jadwal Aragon demi Balapan di Thailand

03-03-2020 14:10
MotoGP Tekad Majukan Jadwal Aragon demi Balapan di Thailand
MotoGP Tekad Majukan Jadwal Aragon demi Balapan di Thailand © Yamaha

Bola.net - Dorna Sports selaku promotor MotoGP, dikabarkan berencana memajukan jadwal Seri Motorland Aragon, Spanyol, dua pekan lebih awal demi memberi 'ruang' untuk Seri Buriram, Thailand, yang tertunda akibat wabah virus corona (Covid-19), demikian yang dilansir Motorsport.com.

Seri Thailand seharusnya menjadi seri kedua musim ini dan digelar pada 20-22 Maret mendatang, namun merebaknya wabah virus corona di berbagai penjuru bumi pun membuat pemerintahannya meminta penundaan kepada FIM, IRTA, dan Dorna.

Usai aksi kelas MotoGP di Losail, Qatar, akhir pekan ini juga dibatalkan, maka belum bisa dipastikan kapan kejuaraan ini akan dimulai. Seri Austin, Texas, pada 3-5 April pun jadi pilihan utama, namun ini juga sangat tergantung pada restriksi travel dari Amerika Serikat.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, lewat MotoGP.com juga telah menyatakan keinginan pihaknya untuk mencari tanggal pengganti untuk Seri Thailand, dan berharap bisa digelar pada paruh kedua musim ini.

1 dari 1

Diskusi Lebih Dulu dengan Promotor

Dorna pun berencana memajukan Seri Aragon, yang harusnya digelar pada 2-4 Oktober, menjadi tanggal 18-20 September. Dengan begitu, 2-4 Oktober pun bisa diisi oleh Seri Thailand, jika situasi kesehatan dunia pada saat itu sudah membaik.

"Memungkinkan bahwa Aragon akan dimajukan dan tanggal aslinya akan diberikan ke Thailand. Tapi pertama kami harus berdiskusi lebih dulu dengan promotor (Aragon) dan melihat apakah ada peluang," ujar Ezpeleta kepada Onda Cero seperti yang dikutip Motorsport.com.

Jika rencana ini benar-benar dijalankan, maka format 'Tur Asia' MotoGP 2020 akan sama seperti tahun lalu, yakni di mana Seri Thailand digelar lebih dulu, kemudian dilanjutkan dengan Seri Jepang, Australia, dan Malaysia.