Padahal Sempat Ditolak: Nomor Valentino Rossi Resmi Bakal Dipensiunkan MotoGP

Anindhya Danartikanya | 14 Mei 2022 20:14
Valentino Rossi foto bareng 9 motor juaranya di Grand Prix. (c) Twitter/MotoGP

Bola.net - Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP, resmi mengumumkan bahwa nomor 46, alias nomor balap Valentino Rossi, akan dipensiunkan. Upacara peresmian akan digelar di sela MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada 27-29 Mei 2022 mendatang.

Saat masih aktif berkarier di Grand Prix, Rossi sempat mengaku tak ingin nomor balapnya dipensiunkan ketika ia sudah tak lagi balapan. Meski begitu, Dorna Sports memutuskan untuk tetap memensiunkan nomor 46 demi menghormati kariernya yang mentereng.

Rossi diketahui menjalani debut di Grand Prix lewat kelas GP125 pada 1996, dan mengakhiri kariernya pada akhir 2021 di MotoGP Valencia, Spanyol. Tak hanya punya prestasi gemilang di lintasan, 'The Doctor' dikenal sebagai ikon balap motor berkat karakternya yang unik.

1 dari 2 halaman

Sudah Resmi Berstatus 'MotoGP Legend'

Valentino Rossi saat diresmikan sebagai MotoGP Legend di FIM MotoGP Awards 2021. (c) MotoGP.com

Selama 26 tahun berkarier di Grand Prix, Rossi meraih 9 gelar dunia, 235 podium, dan 115 kemenangan. Ia juga telah resmi mendapatkan status 'MotoGP Legend', yang upacaranya digelar dalam gelaran FIM MotoGP Awards pada November 2021.

MotoGP.com menyatakan bahwa peresmian pensiunnya nomor balap Rossi akan digelar pada Sabtu, 28 Mei 2022, dan Rossi dipastikan akan hadir. Belum diketahui apakah nomor Rossi hanya dipensiunkan dari kelas MotoGP saja atau dipensiunkan dari semua kelas Grand Prix.

Saat ini, Rossi banting setir menjadi pembalap mobil, berlaga di ajang GT World Challenge Europe bersama Team WRT, mengendarai mobil Audi. Berikut daftar nomor balap yang dipensiunkan di MotoGP.

2 dari 2 halaman

Daftar Nomor Balap yang Dipensiunkan di MotoGP

Valentino Rossi saat membela Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2021. (c) AP Photo
  • #34 Kevin Schwantz - hanya di MotoGP
  • #74 Daijiro Kato - di semua kelas Grand Prix
  • #48 Shoya Tomizawa - hanya di Moto2
  • #65 Loris Capirossi - hanya di MotoGP
  • #58 Marco Simoncelli - di semua kelas Grand Prix
  • #69 Nicky Hayden - hanya di MotoGP
  • #39 Luis Salom - hanya di Moto2
  • #50 Jason Dupasquier - hanya di Moto3

Sumber: MotoGP

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR